Monday, 23 June 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Globe. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Globe

Kita harus bersyukur kepada Allah Swt. karena disiapkan tempat tinggal yang bernama Bumi. Bumi yang kita tempati saat ini tidak datar, tapi bulat seperti bola. Tempat kita berdiri saat ini seakan-akan kita berdiri pada satu titik kecil pada bola tersebut. Kita tidak akan dapat melihat orang lain yang sedang berada di bagian lain dari bola tersebut. Coba sekali waktu pergi ke pantai, perhatikanlah kapal yang sedang berlayar menjauh dari daratan, Kapal yang berlayar itu akan tampak semakin dan akhirnya hilang dari pandanganmu. Coba juga amati matahari pada saat menjelang pagi, matahari akan muncul sedikit demi sedikit. Sedangkan di saat menjelang malam, matahari menghilang perlahan dari pandangan kita. Kita tidak dapat melihat bumi secara keseluruhan dari titik di mana kita berada, keculai kita sedang berada di luar angkasa. Untuk mempermudah mengenal bumi secara keseluruhan, dibuatlah tiruan bola bumi yang disebut dengan globe.

Pengertian Globe :
Kata globe asalnya dari kata bahasa latin "globus" yang artinya bola bulat yang kecil. Globe merupakan tiruan bola bumi dalam bentuk yang kecil.

Kedudukan globe persis sama dengan kedudukan sumbu bumi yang mempunyai kemiringan 66,5 derajat terhadap bidang  ekliptika.

Apa guna globe ? Kegunaan Globe antara lain adalah untuk:
  1. Menentukan dan merencanakan rute saat akan melakukan perjalanan jauh melalui udara atau laut
  2. mengikuti kejadian yang berkaitan dengan bencana gempa bumi dan arus samudera dengan lebih mudah
  3. melihat hubungan antara lautan, kontinen, dan daerah-daerah Kutub
  4. memahami konsep mendasar tentang perbedaan iklim, musim, waktu, dan pembagian zone waktu
Pengertian Globe

Oleh pembuatnya, globe telah didisain sedemikian rupa sehingga dapat diputar-putar. Hal ini untuk mengambarkan bahwa bumi berputar pada porosnya. Gerakan rotasi bumi dan Kutub Utara-Selatan adalah grid dari geografi.

Pertanyaan :
1. Jelaskan pengertian globe ?
2. Sebutkan berapa derajat kemiringan kedudukan globe ?




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.