Friday, 1 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Kelebihan dan Kekurangan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kelebihan dan Kekurangan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis


Perhatikan gambar 1, berdasarkan pembagian iklim matahari yang meliputi iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin/kutub, maka Indonesia terletak di daerah yang beriklim tropis.

Kelebihan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis diantaranya adalah :

- Matahari selalu menerangi bumi rata-rata 12 jam per hari
Artinya masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis mendapatkan cahaya dan energi dari matahari yang cukup untuk melakukan kegiatan-kegiatannya.

- Persamaan waktu siang dan malam
Artinya masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis mendapatkan waktu yang seimbang antara bekerja dan beristirahat. Di belahan bumi lainnya ada yang mengalami siang lebih lama dari malam, ada juga yang mengalami malam lebih lama dari siangnya.

- Hanya terdapat dua musim saja Penghujan dan Kemarau sehingga tidak begitu ekstrim
Artinya masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun.

- Suhu udara stabil tidak begitu rendah ataupun terlalu tinggi
Kelebihan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis
Gb 1. Keunggulan Iklim Indonesia
Artinya masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis dapat dengan leluasa melakukan kegiatan tanpa adanya hambatan dari suhu yang terlalu dingin atau terlalu panas

Hal hal lain yang menjadi kelebihan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis adalah : Menyebabkan keberagaman Flora dan Fauna, tidak terjadi perubahan cuaca yang ekstrim, Curah hujan yang tinggi menyebabkan tanaman tumbuh subur, bisa menanam tanaman dan beternak sepanjang tahun

Coba kita bandingkan dengan daerah lain misalnya di kutub utara atau selatan, permukaan tanahnya yang diselimuti oleh es membuat kegiatan seperti bercocok tanam menjadi sangat mustahil. Kegiatan-kegiatan kehidupan yang lain juga menjagi begitu berat. Bahkan organisasi nirlaba Amerika Serikat di bidang eksplorasi Mars, Mars Society mengatakan bahwa kutub utara memiliki banyak kemiripan dengan Mars. Sehingga, lokasi tersebut dijadikan tempat uji coba bagi astronot sebelum diluncurkan ke planet mars.

Kelebihan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis
Kehidupan di Kutub Utara

Kekurangan Masyarakat yang Tinggal di Daerah Beriklim Muson Tropis :

  • Pada daerah beriklim muson tropis, curah hujan yang tinggi bisa meyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor
  • Pada daerah beriklim muson tropis, masyarakat anya bisa menanam tanaman jenis tertentu pada musim tertentu (padi hanya bisa ditanam pada musim hujan saja)
  • Pada daerah beriklim muson tropis, di musim kemarau banyak terjadi kekeringan

Kesimpulannya : Keunggulan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis misalnya dapat bekerja sepanjang tahun dan dapat menanam tanaman atau beyernak sepanjang tahun. Sedangkan kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis misalnya ada yang menjadi pemalas, karena tidak memiliki tantangan berat.




6 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.