Tuesday 5 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia

Materi SMP kelas 7 : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia


Apakah letak suatu tempat di permukaan bumi hanya sekadar posisi suatu objek di permukaan bumi ? Ternyata tidak demikian, letak suatu tempat di permukaan bumi juga harus diperhatikan karakteristik yang ada pada tempat tersebut. Setiap tempat yang berbeda akan menunjukkan perbedaan satu sama lainnya di permukaan bumi. Letak wilayah sangat berpengaruh terhadap keadaan alamnya.

Gambaran umum tentang letak wilayah Indonesia dan pengaruhnya terhadap keadaan alamnya akan diuraikan dengan melihatnya dari sudut pandang letak astronomis dan letak geografis.

A. Letak astronomis
Apa yang dimaksud dengan Letak astronomis?
Letak astronomis maksudnya adalah letak suatu tempat atau wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Garis lintang adalah garis khayal yang melintang melingkari bumi, sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan Kutub Utara dan Selatan. Secara astronomis, Indonesia terletak antara 95o BT (Pulau Benggala) - 141o BT (Sungai Torasi) dan 6o LU (Pulau Rondo) - 11o LS (Pulau Dana). Dengan letak astronomis tersebut, Indonesia termasuk ke dalam wilayah tropis. Wilayah tropis dibatasi oleh lintang 23,5o LU dan 23,5o LS. Agar lebih jelas, coba perhatikanlah batas wilayah tropis (bagian yang diarsir) dan letak astronomis Indonesia pada gambar peta berikut ini. Dari gambar tersebut, terlihat jelas bahwa seluruh wilayah Indonesia terletak di wilayah tropis.

Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
Indonesia terletak di daerah tropis
Kita harus bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa karena tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia. Sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu udara tidak ekstrim (tidak jauh berbeda antarmusim) sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan berbagai kegiatan baik di dalam atau di luar rumah. Lama siang dan malam juga hampir sama, yaitu 12 jam siang dan 12 jam malam. Bandingkan dengan negara-negara yang terletak di lintang tinggi. Pada musim panas di daerah tersebut, lama siang jauh lebih lama dibandingkan dengan malam. Sebaliknya, pada musim dingin, lama siang lebih pendek.  

Keadaan suhu di daerah tropis berbeda dengan suhu di negara-negara yang terletak pada lintang sedang dengan empat musim, yaitu musim dingin, semi, panas, dan gugur. Pada musim dingin, udara sangat dingin sampai mencapai puluhan derajat di bawah 0o (nol) celsius sehingga diperlukan penghangat ruangan. Jalanan tertutup salju sehingga kendaraan tidak bebas berlalu lalang. Pada saat itu, banyak penduduk melakukan kegiatannya di dalam ruangan, baik di rumah maupun di kantor. Sebagian dari mereka pergi berwisata ke daerah yang lebih hangat, terutama di daerah tropis. 

Pada saat musim panas, keadaan sebaliknya dapat terjadi. Pada saat itu, udara sangat panas, bahkan suhu udara dapat melampaui 40oC. Akibatnya, diperlukan pendingin ruangan agar tetap nyaman. Tentu saja kegiatan di luar ruangan sangat tidak nyaman karena suhu udara terlalu tinggi. Untuk menghindari udara panas, sebagian penduduk ada yang berenang di kolam renang atau di pantai. 

B. Letak Geografis
Apa yang dimaksud dengan Letak Geografis ?
Letak geografis maksudnya adalah letak suatu wilayah atau negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu Benua Asia yang terletak di sebelah utara Indonesia dan Benua Australia yang terletak di sebelah selatan Indonesia, selain itu Indonesia berada diantara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik di sebelah timur Indonesia dan Samudra Hindia di sebelah barat Indonesia.

Wilayah Indonesia juga berbatasan dengan sejumlah wilayah, baik wilayah negara atau samudra. Batas-batas wilayah Indonesia dengan wilayah lain di permukaan adalah seperti berikut.
  • Sebelah utara Indonesia berbatasan dengan Malaysia, Singapura, Palau, Filipina dan Laut China Selatan.
  • Sebelah selatan Indonesia berbatasan dengan Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia.
  • Sebelah barat Indonesia berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur Indonesia berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
Letak geografis wilayah Indonesia dan batas-batasnya dengan negara lain
Apa keuntungan letak geografis bagi Indonesia? Letak geografis Indonesia sangat strategis karena menjadi jalur lalu lintas perdagangan dunia antara negara-negara dari Asia Timur dengan negara-negara di Eropa, Afrika dan Timur Tengah, dan India. Kapal-kapal dagang yang mengangkut berbagai komoditas dari Jepang, China, dan negara-negara lainnya melewati Indonesia menuju negara-negara tujuan di Eropa. Indonesia juga dilewati jalur perdagangan dari Asia ke arah Australia dan Selandia Baru. 

Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. Karena menjadi jalur lalu lintas pelayaran dan perdagangan dunia, bangsa Indonesia telah lama menjalin interaksi sosial dengan bangsa lain. Interaksi sosial melalui perdagangan tersebut selanjutnya menjadi jalan bagi masuknya berbagai agama ke Indonesia, seperti Islam, Hindhu, Buddha, Kristen, dan lain-lain. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam menjual berbagai komoditas atau hasil bumi seperti kayu cendana, lada, pala, cengkih, dan hasil perkebunan lainnya. Sementara negara-negara lain menjual berbagai produk barang seperti porselen, kain dan tenunan halus, dan lain-lain ke Indonesia.  Selain keuntungan, letak geografis Indonesia juga memberi dampak yang merugikan. Budaya dari negara lain yang tidak selalu sesuai dengan budaya Indonesia kemudian masuk dan memengaruhi kehidupan budaya bangsa Indonesia, misalnya pergaulan bebas, kesantunan, dan lain-lain. Selain itu, Indonesia juga rentan terhadap masuknya barang-barang terlarang, misalnya senjata api, narkoba, dan barang-barang selundupan lainnya.

Aktivitas Kelompok untuk memahami Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia:


Setelah memahami posisi Indonesia di permukaan bumu, coba cari informasi tentang batas-batas wilayah tempat kamu tinggal.
Provinsi apa tempat kamu tinggal? provinsi apa saja yang berbatasan dengan provinsimu?
Perhatikan daerah sepanjang perbatasan provinsimu, berupa apa saja batas-batas provinsi tersebut?



Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia
Provinsi di Indonesia

Contoh :
Batas wilayah Provinsi Kalimantan Barat
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Sarawak, Malaysia Timur
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Natuna, Selat Karimata dan Semenanjung Malaysia
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Tengah
Batas wilayah Provinsi Jawa Barat
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan  Samudera Hindia
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Banten dan DKI Jakarta
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah





3 comments:

  1. Sangat lengkap pelajaran IPS nya di sini :) Saya suka sebagai sumber referensi. Saya juga telah menbuat artikel IPS terbaru yakni mengenai Letak Wilayah dan Pengaruhnya Bagi Keadaan Alam Indonesia semoga dapat membantu...

    ReplyDelete

  2. Artikelnya bermanfaat kak, ini saya juga punya artikel tentang Pengaruh Letak Geografis Indonesia, smoga dpt saling melengkapi

    Pengaruh Letak Geografis Indonesia (Lengkap)

    ReplyDelete