Wednesday, 6 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara

Materi SMP kelas 8 : "Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara"

Kecelakaan transportasi merupakan salah satu ancaman keselamatan transportasi di Indonesia. Selain karena kesalahan pengemudi, rambu-rambu jalan raya dan rambu-rambu kereta api yang kurang berfungsi secara optimal juga bisa menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

Pengaruh lokasi Indonesia terhadap keamanan dan kenyaman transportasi, harus selalu diperhatikan. Iklim dan cuaca di Indonesia sangat berpengaruh terhadap kegiatan transportasi. Kabut, hujan, cuaca buruk, angin, dan badai, merupakan contoh ancaman alam yang merupakan dampak iklim dan cuaca di Indonesia. Karena itu, kita harus selalu waspada memperhatikan kondisi alam dalam melaksanakan kegiatan transportasi.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi di Indonesia, sebagai berikut.

a) Kesiapan Manusia
Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara
Kecelakaan Transportasi
Masyarakat sebagai pengguna transportasi dan operator transportasi, harus selalu mentaati ketentuan angkutan umum dan jalan raya. Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan aturan hukum berupa UU No. 22 Tahun 2009. Peraturan tersebut mengatur bagaimana cara melakukan kegiatan transportasi di jalan raya. Undang-undang dikeluarkan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sebagai pengendali alat transportasi, kesalahan dan kelalaian manusia adalah sebagai faktor tertinggi penyebab utama kecelakaan. Sebagai warga yang baik, kita harus selalu taat pada peraturan berlalulintas agar transportasi menjadi aman dan nyaman.

b)  Sarana dan Prasarana
Peralatan transportasi merupakan salah satu bagian penting untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan transportasi. Banyak kecelakaan yang terjadi disebabkan kendaraan yang tidak layak jalan.

Pelampung penumpang harus selalu dipersiapkan pada sarana transportasi air. Pengemudi dan penumpang mobil yang duduk di depan harus selalu mengenakan sabuk pengaman. Pada saat naik bus, kita harus selalu memperhatikan peralatan yang ada dalam bus, misalnya: harus ada palu pemecah kaca darurat di tempat terjangkau di dalam bis.

Selain peralatan di dalam kendaraan, hal lain yang sangat penting adalah rambu-rambu dalam berkendara dan berlaulintas. Terminal, halte, dan tempat penyeberangan, merupakan prasarana lain yang juga sangat penting dalam kegiatan transportasi.

Renungan Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi
Kecelakaan darat yang sering terjadi di Indonesia, sebagian besar disebabkan oleh faktor kelalaian manusia. Kecelakaan darat yang terjadi di Indonesia, sebagian besar adalah roda dua (sepeda motor). Setiap menit, di Indonesia ada orang meninggal dunia karena kecelakaan sepeda motor. Kelalaian manusia paling banyak adalah tidak taat rambu-rambu. Kelak jika kamu telah diperbolehkan oleh hukum untuk mengendarai kendaraan bermotor, harus selalu hati-hati dan taat pada rambu-rambu peraturan lalu lintas.

c) Kelembagaan dalam Kegiatan Transportasi
Kegiatan transportasi tentu memerlukan peran kelembagaan dalam kegiatan transportasi, agar dapat berjalan lancar. Terdapat berbagai bentuk kelembagaan ekonomi, seperti: PT, CV, Firma, Perusahaan Perorangan, dan Koperasi. Tapi pada umumnya yang menangani kegiatan transportasi di Indonesia adalah berbentuk PT.

Mau aman ? Patuhilah aturan lalu lintas !





2 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.