Monday 18 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam


Materi SMP kelas 7 : Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam


Pengertian sumber daya alam akan lebih mudah untuk kita pahami dengan memperhatikan sumber daya alam (SDA) yang ada di sekitar kita. Apakah sumber daya alam yang tersedia di daerahmu sudah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di daerahmu? Setiap hari kita semua menggunakan atau mengonsumsi bahan atau barang yang tentu saja berasal dari sumber daya alam. Ikan yang kita makan berasal dari perairan. Pakaian yang kita gunakan berasal dari kain yang bahannya berasal dari tumbuhan maupun hewan. Kendaraan yang kita gunakan juga bahannya berupa logam yang merupakan hasil tambang.

Jika demikian, apakah pengertian sumber daya alam itu? Sumber daya alam merupakan semua bahan yang ditemukan oleh manusia dalam alam yang dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya. Bahan-bahan tersebut dapat berupa benda mati atau benda hidup yang berada di bumi dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Gambar di samping merupakan contoh kekayaan alam di Indonesia.

Sumber daya alam dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa hal berikut.

  1. Kemungkinan pemulihannya: sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui;
  2. Materinya: sumber daya alam organik dan sumber daya alam anorganik;
  3. Habitatnya: sumber daya terestris dan sumber daya alam akuatik.
Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam
1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan
Berdasarkan kemungkinan pemulihannya, sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi seperti berikut.

a. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) merupakan sumber daya yang dapat dengan cepat tersedia kembali sehingga tidak dapat habis. Akan tetapi, apabila tidak terkendali pemanfaatannya, sumber daya alam ini dapat habis dan punah. Contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah berbagai jenis flora dan fauna. Banyak flora dan fauna yang punah atau terancam punah karena ulah dari manusia merusak tempat hidupnya atau memburunya untuk berbagai keperluan kehidupan. Selain itu, air dan udara juga masuk kelompok SDA yang dapat diperbaharui.

Bagaimanakah SDA air dan udara memperbarui dirinya? Jika flora dan fauna memperbarui dirinya dengan cara melakukan reproduksi, udara dan air melakukannya dengan siklus atau daur. Air dan udara tidak pernah punah, tetapi air dan udara kualitasnya dapat menurun akibat aktivitas manusia yang melakukan pencemaran.

b. Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) adalah sumber daya alam yang proses pembentukannya berlangsung sangat lambat, bisa memakan waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Oleh karena itu, jumlahnya relatif tetap atau berkurang karena terus menerus dimanfaatkan dan akhirnya pada suatu saat nanti akan habis. Contoh: minyak bumi, batu bara, gas alam, dan bahan tambang lainnya.

Bagaimanakah caranya agar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui tersebut tetap lestari? Manusia harus dapat memanfaatkannya secara bijaksana dan tidak berlebihan. Selain itu, perlu dikembangkan bahan alternatif pengganti yang berfungsi sama tetapi selalu tersedia, seperti melakukan pendauran ulang sehingga mengurangi tingkat eksploitasinya.

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Materi
Sumber daya alam juga dapat dikelompokkan berdasarkan materinya seperti berikut.

a. Sumber Daya Alam Organik
Materi atau bahan sumber daya alam organik (hayati) berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik antara lain pertanian, kehutanan, peternakan, dan perikanan. Sebagai contoh SDA organik dalam bidang peternakan adalah peternakan Sapi, Kambing, Ayam, dan lain-lain.

b. Sumber Daya Alam Anorganik
pengertian sumber daya alamMateri sumber daya alam anorganik (nonhayati), berupa benda-benda mati baik yang berbentuk benda padat, cair, atau gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik di antaranya adalah pertambangan tanah, batuan, mineral, minyak dan gas alam, dan energi.

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitat

Berdasarkan macam habitatnya, sumber daya alam dapat dibedakan menjadi:

a. Sumber Daya Alam Terestris
Sumber daya alam terestris (daratan) merupakan sumber daya yang berhubungan dengan tanah yang digunakan sebagai lahan untuk berbagai aktivitas penduduk, sebagai bahan industri (genteng, keramik, dan lain-lain), dan segala sumber daya yang diperoleh dari darat.

b. Sumber Daya Alam Akuatik
Sumber daya alam akuatik (perairan) merupakan sumber daya alam yang berhubungan dengan perairan seperti laut, danau, sungai, air tanah, air hujan, dan lain-lain.

Semoga dengan membaca artikel sederhana ini, kita bisa lebih memahami pengertian sumber daya alam, begitu juga tentang pengelompokan sumber daya alam.




14 comments: