Wednesday 21 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Kegiatan ekonomi untuk memperoleh barang dan jasa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kegiatan ekonomi untuk memperoleh barang dan jasa

Kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk memperoleh barang dan jasa, atau juga bisa dikatakan bahwa kegiatan ekonomi adalah segala kegiatan manusia untuk mencapai kemakmuran hidupnya.

Kegiatan ekonomi dapat dibedakan menjadi 3 yaitu kegiatan produksi, konsumsi, dan distribusi.

A. Kegiatan Produksi

Produksi merupakan kegiatan ekonomi manusia dalam menghasilkan atau menambah nilai guna barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan, contohnya adalah : membuat kue, membuat tas, menghias penganten dan lain sebagainya.

Kegiatan ekonomi

Tujuan Produksi Secara umum adalah untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mencapai kemakmuran. Sedangkan tujuan produksi secara khusus dapat dilihat dari kepentingan pihak produsen dan konsumen.
  • Dari pihak produsen: untuk meningkatkan keuntungan dan menjaga kesinambungan kehidupan perusahaan.
  • Dari pihak konsumen: untuk menyediakan berbagai benda pemenuh kebutuhannya.

B. Kegiatan Konsumsi
Konsumsi merupakan kegiatan ekonomi manusia dalam menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang baik dilakukan sekaligus maupun berangsur-angsur, contohnya adalah : makan, minum, menggunakan pakaian, menggunakan komputer dan sebagainya.

Tujuan kegiatan Konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, sedangkan fungsi kegiatan konsumsi adalah untuk menjaga kelangsungan hidup dan memenuhi semua kebutuhan yang dibutuhkan.

C. Kegiatan Distribusi
Distribusi merupakan kegiatan ekonomi untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. contohnya adalah : kegiatan jual beli di pasar, toko, swalayan, pelabuhan, dan lain-lain.

Tujuan Distribusi adalah untuk menyampaikan barang atau jasa dari tempat produsen ke tempat pengguna atau pemakai. Sedangkan fungsi distribusi adalah untuk memperlancar arus penyaluran barang dan jasa kepada konsumen dan menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke tangan konsumen.

Kegiatan ekonomi
Pihak yang melakukan distribusi antara lain:
  1. Agen : yaitu pihak yang ditujukan oleh produsen untuk menyalurkan produksinya
  2. Pedagang Besar : yaitu pihak yang membeli barang dengan jumlah besar untuk dijual lagi kepada pengecer
  3. Pedagang Eceran : yaitu pihak yang bmenjual barang langsung kepada konsumen





No comments:

Post a Comment