Monday 26 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Kondisi Indonesia Dilihat Dari Keunggulan Komoditasnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kondisi Indonesia Dilihat Dari Keunggulan Komoditasnya

Komoditas adalah suatu benda yang nyata dan relatif mudah diperdagangkan, dapat diserahkan secara fisik, dapat disimpan untuk suatu jangka waktu tertentu dan dapat pula dipertukarkan dengan produk sejenis lainnya, yang biasanya dapat dibeli atau dijual oleh investor melalui bursa berjangka. Secara umum, komoditas adalah suatu produk yang diperdagangkan, termasuk didalamnya valuta asing, instrumen keuangan dan indeks.

Karakteristik dari Komoditas adalah harga yang ditentukan oleh penawaran dan permintaan pasar bukannya ditentukan oleh penyalur ataupun penjual dan besaran harga tersebut berdasarkan pada perhitungan harga masing-masing pelaku Komoditas contohnya adalah : mineral dan produk pertanian seperti bijih besi, ethanol, minyak, gula, kopi, aluminium, gandum, beras, berlian, emas, atau perak. Selain itu, ada juga yang disebut produk "commoditized" (tidak dibedakan berdasarkan merek) seperti komputer.


Kondisi Indonesia Dilihat Dari Keunggulan KomoditasnyaDalam ilmu bahasa, kata "Komoditas" berasal dari bahasa Perancis yaitu "commodité" yang berarti "sesuatu yang menyenangkan" dalam kualitas dan layanan. Kata ini mulai dikenal dan dipergunakan di Inggris pada abad ke 15. Komoditas dalam bahasa Latin disebut commoditas yang merujuk pada berbagai cara untuk pengukuran yang tepat dari sesuatu ; keadaan waktu ataupun kondisi yang pas, kualitas yang baik; kemampuan untuk menghasilkan sesuatu atau properti; dan nilai tambah atau keuntungan. Bangsa Jerman menyebut komoditas sebagai die Ware, misalnya produk atau barang yang ditawarkan untuk dijual. Sedangkan bangsa Perancis menyebutnya "produit de base" seperti energi, barang, atau bahan baku industri.

Di Indonesia, komoditas dapat diartikan sebagai : barang dagangan, benda niaga, atau bahan mentah yang dapat digolongkan sesuai dengan mutunya menurut standar perdagangan internasional, misalnya gandum, karet, kopi.

Bagaimana kondisi indonesia dilihat dari keunggulan komoditasnya ? Keunggulan komoditas Indonesia di dunia cukup beragam seperti di bawah ini.

  1. Sebagai eksportir dan produsen minyak sawit mentah terbesar pertama di dunia
  2. Sebagai eksportir dan produsen rempah-rempah terbesar pertama di dunia
  3. Sebagai Eksportir batubara terbesar kedua di dunia
  4. Sebagai eksportir dan produsen timah terbesar di dunia
  5. Sebagai eksportir dan produsen nikel terbesar keempat di dunia
  6. Sebagai eksportir dan produsen tembaga terbesar ke-11 di dunia
  7. Sebagai eksportir dan produsen bauksit terbesar ketujuh di dunia
  8. Sebagai eksportir dan produsen biji besi terbesar kelima di dunia
  9. Sebagai Produsen emas terbesar ke-12 di dunia
  10. Sebagai Produsen gas terbesar ketujuh di dunia
  11. Sebagai eksportir dan produsen tekstil terbesar ke-7 di dunia, dan terbesar ke-11 untuk garmen
  12. Sebagai eksportir dan produsen minyak zaitun (bahan baku parfum) terbesar di dunia
  13. Sebagai eksportir dan produsen kopi terbesar ketujuh di dunia
  14. Sebagai eksportir dan produsen alas kaki terbesar kelima di dunia
  15. Sebagai eksportir dan produsen karet terbesar kelima di dunia
  16. Sebagai eksportir dan produsen kertas dan pulp terbesar kesembilan di dunia
  17. Sebagai eksportir dan produsen biji kakao terbesar ketiga di dunia
  18. Sebagai eksportir dan produsen rotan terbesar ketiga di dunia

Diolah dari sumber wikipedia.com dan duniaindustri.com




1 comment: