Thursday, 3 September 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Profil Negara Maju JEPANG. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Profil Negara Maju JEPANG

Jepang adalah negara yang berbentuk Kerajaan yang dipimpin oleh seorang Kaisar. Bentuk Pemerintahannya adalah Parlementer yang dipimpin oleh seorang Perdana Menteri. Luas negara Jepang sekitar 377.864 km2, beribukota di Tokyo. Negara ini mempunyai 47 prefektur (provinsi) yang tersebar di ±6800 pulau (dengan 4 pulau besar: Hokkaidō, Honshū, Shikoku, Kyūshū.). Lagu Kebangsaan nya adalah Kimigayo dan berbendera kebangsaan Hinomaru, sedangkan Mata uangnya adalah Yen (¥).

a. Letak Astronomis

Jepang terletak di antara 30°LU - 47°LU dan 128°BT - 146°BT. Secara keseluruhan Jepang mempunyai iklim muson laut sedang. Wilayah Negara Jepang mengalami dua iklim, yaitu: Iklim Sub Tropis( Jepang bagian selatan) dan iklim sedang (Jepang bagian tengah dan Jepang bagian utara)

Wilayah Jepang seluruhnya dibatasi oleh perairan (laut dan samudera). Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
  1. Sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhotsk.
  2. Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Cina Timur dan Laut Filipina.
  3. Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Pasifik.
  4. Sebelah barat berbatasan dengan Laut Jepang dan Selat Korea.

b. Relief/Bentang Alam

  • Banyak gunung api. Jepang termasuk dalam rangkaian pegunungan muda Sirkum Pasifik. Hal inilah yang menyebabkan sering terjadinya gempa bumi, baik tektonik ataupun vulkanik. Puncak gunung tertingginya adalah Gunung Fujiyama (3.776 m).
  • Dataran-dataran rendah subur antara lain Dataran Rendah Kwanto di Teluk Tokyo, Dataran Rendah Nobi di Teluk Ise, Dataran Rendah Kinki di Teluk Osaka, dan Dataran Rendah Isihari di Pulau Hokaido.
  • Sekitar 60% daratan Jepang terdiri atas hutan. Jepang bagian selatan adalah hutan musim, bagian tengah berupa hutan campuran, dan di bagian utara berupa hutan cemara.
  • Sungai-sungai di Jepang pendek-pendek dengan aliran yang deras sehingga sangat cocok digunakan untuk PLTA.
  • Danau di Jepang biasanya kecil-kecil dan yang adalah danau terbesar adalah Danau Biwa di dekat Kyoto.
  • Pantai Jepang mempunyai banyak teluk sehingga sangat baik untuk pelabuhan alam. Perairan laut di sebelah timur Jepang kaya akan ikan sebab adalah tempat pertemuan antara arus panas Kurosyiwo dengan arus dingin Oyashiwo yang sangat mendukung dalam industri perikanan.
Profil Negara Maju : JEPANG
Bendera Negara Jepang

c. Keadaan sosial ekonomi

Berdasarkan hasil sensus tahun 2004, penduduk Jepang berjumlah 127 juta jiwa. Kepadatan penduduk sekitar 336 jiwa/km2 . Suku Ainu adalah penduduk asli Jepang. Sebagian besar penduduk Jepang beragama Shinto.
Perekonomian Jepang sebagian besar didukung oleh sektor perindustrian. Perindustrian Jepang, antara lain industri elektronik, kendaraan bermotor, kapal, kimia, farmasi, tekstil, dan makanan. Selain perindustrian, perekonomian Jepang juga didukung oleh sektor pertanian dan peternakan. Hasil pertanian Jepang, yaitu padi, kentang, jagung, gandum, kacang, sayuran, dan buah-buahan. Peternakan yang ada di Jepang, antara lain peternakan sapi, babi, dan ayam.


d.Hubungan Bilateral dengan Indonesia

- Politik/pemerintah

Masing-masing negara menempatkan duta besarnya. Hal ini mengandung maksud untuk mempermudah komunikasi dan informasi kedua negara.

- Ekonomi

a)Perdagangan
Jepang adalah negara tujuan ekspor utama Indonesia. Ekspor Indonesia ke Jepang adalah minyak bumi mentah, gas alam cair, aluminium, bijih logam, besi, timah, tembaga, bauksit, kayu lapis, mebel, dan kopi. Impor Indonesia dari Jepang berupa hasil-hasil industri.
Profil Negara Maju JEPANG
Industri Mobil Negara Maju Jepang

b) Penanaman modal (investasi)
Jepang menjadi negara investor utama untuk Indonesia, terutama di bidang industri otomotif dan elektronika. Jepang juga membantu memberikan pinjaman kredit kepada Indonesia melalui CGI (Consultative Group for Indonesia) dengan jumlah pertolongan paling besar dibandingkan anggota lainnya.

- Sosial budaya
  1. Di Jakarta telah dibentuk Lembaga Indonesia-Jepang yang menangani masalah peningkatan hubungan di bidang kebudayaan antara kedua negara.
  2. Saling tukar-menukar pelajar dan mahasiswa antara kedua negara.

- Keamanan/militer
  • Kerjasama ini diwujudkan melalui sinergi antara TNI Angkatan Darat dan Pasukan Beladiri Jepang.
  • Dalam kerja sama militer itu, menekankan lima hal utama, yakni pendidikan dan latihan (diklat), SDM, industri pertahanan, penanganan terorisme, dan manajemen penanggulangan bencana.

e.Kota-Kota Utama Jepang
Profil Negara Maju JEPANG
Kota Tokyo
  1. Tokyo, adalah ibukota Jepang, sekaligus sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, dan pendidikan bertaraf internasional.
  2. Osaka, adalah kota terbesar kedua Jepang, sekaligus sebagai pusat industri tekstil.
  3. Nagoya, adalah pusat industri pesawat terbang, otomotif, lokomotif, dan industri besar lainnya. Nagoya dianggap sebagai “ibukota” Jepang di wilayah tengah.
  4. Kyoto, adalah ibukota Jepang hingga tahun 1868,kota  ini sekarang berkembang sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan.
  5. Ginza, adalah pusat hiburan, bisnis, dan perdagangan bertaraf internasional.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.