Tuesday 12 July 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Julukan Indonesia dari Bangsa Lain. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Julukan Indonesia dari Bangsa Lain

Indonesia adalah negara besar yang berada di Asia Tenggara yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Papua Nugini, Singapura, dan Timor Leste serta diapit oleh 2 samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia memiliki iklim yang tropis yang disebabkan letaknya yang tepat dibawah garis khatulistiwa.

Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang berkembang di dunia. Meskipun dengan statusnya yang sedang berkembang, Negara Indonesia cukup dikenal dimata dunia. Dari bangsa-bangsa lain, Indonesia dikenal dengan julukan Zamrud Khatulistiwa, Negara Maritim, Negara Agraris, Negara Seribu Pulau, Nusantara, Negara Seribu Candi, Negara Nyiur, Garuda, Negara Megabiodiversitas dan lain-lain, selengkapnya dapat kamu baca di bawah ini.  

1. Zamrud Khatulistiwa
Kata Zamrud Khatulistiwa diambil karena Indonesia memiliki penampakan yang hijau ketika dilihat dari langit. Ini disebabkan oleh letaknya yang berada tepat di bawah garis khatulistiwa sehingga Indonesia mendapatkan cahaya yang cukup untuk mendukung keanekaragaman hayatinya.
Julukan Indonesia dari Bangsa Lain
2. Negara Maritim
Disebut sebagai Negara Maritim karena Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas.

3. Negara Agraris
Lahan Pertanian yang luas serta mata pencaharian penduduk yang sebagian besar merupakan petani menyebabkan Indonesia mendapatkan julukan Negara Agraris

4. Negara Seribu Pulau
Indonesia terdiri dari setidaknya 13.487 pulau yang tersebar dari sabang sampai merauke menyebabkan Negara Indonesia disebut sebagai Negara Seribu Pulau sekaligus sebagai negara Kepulauan.

5. Nusantara
Julukan ini berasal sejak dari zaman kerajaan Majapahit terhadap wilayah Indonesia dari Sumatra sampai papua dalam literatur Jawa.

6. Negara Seribu Candi
Julukan ini menyangkut pada salah satu situs 7 keajaiban dunia yaitu candi Borobudur yang terletak di Magelang, Indonesia

7. Negara Nyiur
Disebut sebagai Nyiur karena Indonesia memiliki banyak sekali wilayah pantai yang di tumbuhi oleh pohon kelapa. (Kelapa : Nyiur)

8. Garuda
Julukan ini diberikan sebagaimana simbol dari Negara kita yaitu Burung Garuda Pancasila

9. Negara Megabiodiversitas
Julukan ini diberikan oleh para peneliti dunia yang kagum akan keberaneka-ragaman flora dan fauna di Indonesia termasuk adanya flora dan fauna langka di Indonesia seperti Komodo, Raflesia Arnoldhi, dan Anggrek hitam.

10. Heaven Earth
Heaven Earth atau disebut sebagai Surganya dunia karena Negara Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah, tanah yang subur serta keindahan panorama alam yang memikat.

11. Paru-paru Dunia
Julukan  ini diberikan oleh Negara USA dan Singapura untuk Kalimantan dengan Hutan yang Luas dan lebat sebagai penyimpan cadangan Oksigen bagi dunia

12. The Big Mouslem Population
Julukan tersebut diberikan oleh umat muslim didunia karena kekaguman mereka pada jumlah pemeluk agama islam di Indonesia

13. Our Large Neighbour to North and Nearest Asian Neighbour
Indonesia merupakan negara tetangga asia yang terdekat dan terbesar yang dimiliki oleh Australia.

14. Balinesia
Disebut balinesia oleh para turis pada saat berkunjung di Bali. Mereka sebagian tidak mengerti bahwa Bali merupakan bagian dari Indonesia.

15. Macan Asia yang Tertidur
Julukan sebenarnya adalah Macan Asia, namun di era modern ini julukan tersebut berganti menjadi Macan Asia yang Tertidur. Julukan ini diberikan karena Indonesia di akui oleh bangsa Asia bahwa Indonesia berpotensi besar menjadi Nega Adidaya

16. Mafia Asia
Merupakan sebutan yang diberikan karena Indonesia selalu terdepan atau penggerak pembahasan permasalahan Asia.

Itulah sebagian julukan Indonesia dari bangsa-bangsa lain. Kita sebagai Bangsa Indonesia seharusnya merasa bangga dan selalu menjaga nama baik negara kita. Merdeka !




No comments:

Post a Comment