Thursday, 13 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Ciri-ciri Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Ciri-ciri Sumber Daya Manusia yang Berkualitas

Pengertian Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu penyebab yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi atau perusahaan. SDM juga adalah kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Dewasa ini, perkembangan terbaru memandang karyawan bukan sebagai sumber daya belaka, melainkan lebih berupa modal atau aset untuk institusi atau organisasi. Karena itu lalu muncullah istilah baru di luar H.R. (Human Resources), yaitu H.C. atau Human Capital. Di sini SDM dilihat bukan sekadar sebagai aset utama, tetapi aset yang bernilai dan bisa dilipatgandakan, dikembangkan (bandingkan dengan portfolio investasi) dan juga bukan sebaliknya sebagai liability (beban,cost). Di sini perspektif SDM sebagai investasi untuk institusi atau organisasi lebih mengemuka.

Pengertian SDM dapat dibagi menjadi dua, yaitu pengertian mikro dan makro. Pengertian SDM secara mikro adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi dan biasa disebut sebagai pegawai, buruh, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan lain sebagainya. Sedangkang pengertian SDM secara makro adalah penduduk suatu negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja atau yang sudah bekerja.

Secara garis besar, pengertian Sumber Daya Manusia adalah individu yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik institusi atau perusahaan dan berfungsi sebagai aset yang wajib dilatih dan dikembangkan kemampuannya.

Ciri-ciri Sumber Daya Manusia yang Berkualitas


Suatu negara yang punya banyak sumber daya alam, bisa jadi kurang makmur kalau nggak diiringi dengan kekuatan sumber daya manusia. Manusia selain sebagai konsumen untuk barang dan jasa, juga bisa berperan sebagai sumber daya yang membawa manfaat besar untuk masyarakat. Yang penting bukanlah banyaknya jumlah manusia, tapi secerdas apa pengelolaan sumber daya manusia.

Negara-negara yang sumber daya alamnya nggak melimpah tapi punya sumber daya manusia yang berkualitas, bisa jadi negara yang menguasai perekonomian dunia. Contoh negara dalam golongan ini adalah Jepang dan Singapura.

Terus, seperti apa sebenatnya sumber daya manusia yang berkualitas itu?

1. Akhlak baik

Attitude, atau akhlak baik dapat mendasari segala tingkah laku manusia untuk senantiasa melaksanakan yang terbaik. Sumber daya manusia yang seperti ini punya daya kerja baik sebab ia jujur, adil, dan selalu berusaha untuk nggak merugikan orang lain.

2. Keahlian

Manusia yang punya keahlian baik, akan bisa memiliki manfaat dengan baik di bidangnya. Misalnya seseorang yang jago arsitektur, akan bisa menguntungkan negara jika membuat bangunan-bangunan yang menarik wisatawan dari seluruh dunia. Nelayan yang handal, akan bisa mengoptimalkan pencarian ikan di perairan Indonesia dan bahkan bisa juga menjaga alam dengan mengembangbiakkan ikan.

3. Kekuatan fisik
Jika diarahkan untuk hal-hal yang positif, kekuatan fisik bisa banyak berguna. Ini nggak hanya mengenai mengangkat barang aja. Kekuatan fisik juga berarti, seseorang nggak mudah sakit sebab daya tahan tubuhnya baik. Manusia dengan kekuatan fisik akan bisa bekerja dan berkarya dengan baik tanpa bolak-balik wajib ke rumah sakit.

Nah, ketiganya adalah ciri-ciri sumber daya manusia yang berkualitas. Apakah kalian termasuk di dalamnya?

Sumber :
Merdeka.com
wikipedia.org




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.