Thursday, 13 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Karakteristik SDM yang Kompetitif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Karakteristik SDM yang Kompetitif

Sumber Daya Manusia atau human recources mengandung dua pengertian. Pertama, adalah usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Dalam hal lain SDM mencerminkan kualitas usaha yang diberikan oleh seseorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan barang dan jasa. Pengertian kedua, SDM menyangkut manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja tersebut. Mampu bekerja berarti mampu melakukan kegiatan yang mempunyai kegiatan ekonomis, yaitu bahwa kegiatan tersebut menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan atau masyarakat.

Berbicara masalah kualitas sumber daya manusia (SDM) tentunya adatolak ukur yang dapat kita jadikan patokan atau perbandingan agar kita bisa mengetahui dan menentukan manusia yang berkualitas. Denganadanya batasan dan tolak ukur ini, dapat dijadikan landasan dalam menentukan kualitas pribadi seseorang. Jika kita merujuk pada buku yang disusun oleh Sudarwan Danim yang berjudul “Transformasi Sumber Daya Manusia” bahwa kualitassumber daya manusia yang dikehendaki pada era pembangunan jangka panjang tahap dua, dan tentuya saja seterusnya adalah sumber daya manusia yang memenuhi kriteria kualitas fisik (kesehatan) dan kualitas intelektual (pengetahuan dan keterampilan, dan kualitas mental spiritual)

Menurut H. A. R.Tilaar dapat ditemukan ciri-ciri manusia yang kompetitif/berkualitas yaitu:
  1. Manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa;
  2. Berbudi luhur;
  3. Berkepribadian;
  4. Berdisiplin;
  5. Bekerja keras;
  6. Tangguh;
  7. Bertanggung jawab;
  8. Mandiri;
  9. Cerdas dan terampil;
  10. Sehat jasmani dan rohani;
  11. Cinta tanah air;
  12. Semangat kebangsaan yang tinggi;
  13. Mempunyai rasa kesetiakawanan sosial;
  14. Sikap inovatif dan kreatif.

Dalam rumusan yang pendek bahwa manusia yang berkualitas adalah manusia yang beriman dan bertaqwa, kreatif, inovatif, roduktif, mandiri berdisiplin serta memiliki motivasi kerja yang tinggi. Dalam suatu rekayasa pencapaian dalam dimensi waktu (tahapan) dan berbagai ruang lingkup kehidupan dari keluarga sampai dengan nasional

Sedangkan pengertian yang dikemukakan oleh Selo Sumarjan yang dikutip oleh Sudarwan Danim dalam bukunya “transformasi Sumber Daya Manusia” bahwa kualitas sumber daya manusia Indonesia yang kita inginkan dibedah atas dasar kualitas fisik (kesehatan, kekuatan jasmani, keterampilan dan ketahanan) dan kualitas non fisik (kecerasan,kemandirian, ketekunan, kejujuran dan akhlak) Menurut Sudarwan Danim dalam bukunya “Transformasi Sumber Daya Manusia” beliau mengatakan bahwa indikator dari kualitas sumber daya manusia adalah sebagai berikut:
a. Kualitas fisik dan kesehatan meliputi:
  1. Memiliki kesehatan yang baik serta kesegaran jasmani
  2. Memiliki postur tubuh yang baik yang disebabkan olehpeningkatan gizi yang baik.
  3. Memiliki tingkat kehidupan yang layak dan manusiawi.
b. Kualitas intelektual (pengetahuan dan keterampilan) meliputi:
  1. Memiliki kemampuan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi.
  2. Memiliki tingkat ragam dan kualitas pendidikan sertaketerampilan yang relevan dengan memperhatikan dinamika lapangan kerja baik yang di tingkat lokal, nasional maupuninternasional.
  3. Memiliki penguasaan bahasa, meliputi bahasa nasional, bahasaibu,(daerah) dan sekurang-kurangnya satu bahasa asing.
  4. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dibidang ilmupengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan tuntutanindustrialisasi.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.