Saturday, 8 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Kategori Sumber Daya Alam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kategori Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, bermacam-macam jenis logam, air, dan tanah. SDA dapat dibedakan atas beberapa kategori seperti berkut ini.

Kategori Sumber Daya Alam


Sumber Daya Alam Berdasarkan Kemungkinan Pemulihan

  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui (renewable resources) adalah sumber daya yang dapat tersedia kembali dalam waktu yang cepat sehingga tidak dapat habis. Namun demikian, apabila pemanfaatannya tidak terkendali, sumber daya alam ini dapat habis atau punah. Contoh  sumber daya alam yang dapat diperbarui ialah bermacam-macam jenis tanaman dan satwa dan kesuburan tanah.
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui (unrenewable resources) adalah sumber daya alam yang pembentukannya berlangsung sangat lambat dalam waktu jutaan atau ratusan juta tahun. Oleh sebab itu, jumlahnya relatif tetap atau berkurang sebab dimanfaatkan dan akhirnya pada saatnya nanti akan habis. Contoh: Mineral logam (nikel, emas, perak, timah, tembaga dan biji besi), Mineral bukan logam (gypsum, marmer, yodium, intan, aspal, sulfur dan garam), Mineral energy (batu bara, gas alam dan minyak bumi)
  • Sumber daya alam tak akan habis adalah sumber daya alam yang meskipun dimanfaatkan secara terus menerus tak akan habis. Contohnya: air, udara dan sinar matahari.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Materi

  • Sumber daya alam organik (hayati), materinya atau bahannya berupa jasad hidup, yaitu tetumbuhan dan hewan. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam organik antara lain kehutanan,  pertanian, peternakan, dan perikanan.
  • Sumber daya alam anorganik (nonhayati), materinya berupa benda mati seperti benda padat, cair, dan gas. Kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya alam anorganik di antaranya  pertambangan mineral,  tanah, batuan, minyak dan gas alam, dan energi.

Sumber Daya Alam Berdasarkan Tempatnya

  • Sumber daya alam terestris (daratan), adalah sumber daya yang berhubungan dengan tanah sebagai lahan untuk bermacam-macam aktivitas penduduk, sebagai bahan  industri (keramik, genteng, dan lain-lain), dan segala sumber daya yang berasal dari darat
    Pengolongan Sumber Daya Alam
  • Sumber daya alam akuatik (perairan),  sumber daya alam yang berhubungan dengan laut,  sungai, danau, air  tanah, air hujan, dan lain-lain


Sumber Daya Alam Berdasarkan Proses Terbentuknya

  • Sumber daya alam Biotik, adalah sumber daya alam yang terbentuk sebab adanya proses kehidupan seperti tumbuh dan berkembang biak. Contohnya : Tumbuhan dan Hewan.
  • Sumber daya alam Fisik, adalah sumber daya alam yang terbentuk sebab proses fisik dan kekuatan alam. Contohnya: tanah, air, udara dan bahan tambang.
  • Sumber daya alam Lingkungan, adalah perpaduan antara sumber daya fisik dan sumber daya biotik yang dapat membentuk suatu lingkungan tertentu. Contohnya; lingkungan pegunungan, lembah, pantai, gunung api, dan panorama alam lainnya.


Sumber Daya Alam Berdasarkan Nilai Kegunaan atau Ekonomisnya

  • Sumber daya alam Ekonomis Tinggi, adalah sumber daya yang cara mendapatkannya membutuhkan biaya yang besar. Contohnya : mineral logam mulia (emas, perak dan intan)
  • Sumber daya alam Ekonomis Rendah, adalah  sumber daya yang bisa didapatkan dengan harga murah dan tersedia dalam jumlah banyak. Contohnya : Bahan – bahan bangunan (pasir, batu dan gamping)
  • Sumber daya alam Nonekonomis. adalah sumber daya yang cara mendapatkannya tidak perlu mengeluarkan biaya atau tanpa pengorbanan serta tersedia dalam jumlah tidak terbatas. Contohnya : udara, sinar matahari dan angin.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.