Tuesday 1 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Letak Geografis Benua Eropa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Letak Geografis Benua Eropa

Benua atau kontinen adalah daratan sangat luas yang berada di permukaan bumi. Benua diidentifikasi lebih berdasar konvensi (kesepakatan) daripada kriteria-kriteria baku. Eropa adalah salah satu diantara tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai benua, yaitu : Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarktika, Eropa, dan Australia. Dalam Geologi, area kerak benua meliputi wilayah yang tertutupi air.

Letak Geografis Benua Eropa

Secara geografism Benua Eropa adalah bagian dari daratan yang lebih besar dikenal sebagai Eurasia. Benua ini mulai dari Pegunungan Ural di Rusia, yang menggambarkan batasan timur Eropa dengan Asia. Batasan tenggara dengan Asia tidak tergambarkan secara jelas. Paling umum adalah Sungai Ural atau, Sungai Emba. Batasan berlanjut dengan Laut Kaspia, dan lalu Pegunungan Kaukasus, atau Depresi Kuma-Manych, dan sampai ke Laut Hitam; Bosporus, Laut Marmara, dan Dardanelles mengakhiri batasan Asia. Laut Mediterania di selatan memisahkan Eropa dari Afrika. Batasan di bagian barat adalah Samudra Atlantik.
Letak Geografis Benua Eropa

Luas Benua Eropa adalah 10.600.000 km2. Sedangkan bila dihitung dari populasinya, benua ini letaknya di urutan ke tiga (di bawah Asia dan Afrika) dengan 799.466.000 jiwa pada tahun 2003 (seperdelapan penduduk dunia).  Hampir seluruh negara-negara Eropa adalah anggota dari Konsil Eropa, dengan pengecualian Belarus, dan Takhta Suci (Kota Vatikan). Eropa mempunyai perkumpulan negara-negara Eropa yang dikenal sebagai Uni Eropa yang sekarang ini mempunyai 27 negara anggota, dan masih terus berkembang. Dilihat dari pendapatan perkapitanya (PCI) yaitu sebesar US$ 10.025 Eropa termasuk kelompok negara maju. Rata-rata pendapatan per kapita dunianya adalah US$ 2.754. Angka harapan hidup mencapai 72 tahun dengan pertumbuhan penduduk sebesar 0,4%.




No comments:

Post a Comment