Sunday 6 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Masalah Kependudukan dan Dampaknya pada Pembangunan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Masalah Kependudukan dan Dampaknya pada Pembangunan

Masalah yang paling penting dalam kehidupan penduduk di suatu tempat ialah ketidakseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung lahan. Ini terutama disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang terus meningkat.

Pertambahan jumlah penduduk di suatu daerah sebagian besar diakibatkan sebab jumlah kelahiran yang ternyata jauh melebihi dari jumlah kematian. Selain itu disebabkan pula oleh pengendalian risiko kematian makin berhasil ditingkatkan, sehingga angka kematian yang terjadi sangat kecil. Pertambahan jumlah penduduk yang dominan sebab pertumbuhan alamiah. Hal ini disebabkan pertambahan penduduk alamiah adalah sumber utama pertumbuhan penduduk di suatu wilayah.

Tetapi ada pula di beberapa wilayah, terutama di kota-kota besar, ternyata migrasi yang memegang peranan penting dalam memengaruhi pertumbuhan penduduk yang semakin cepat. Dengan adanya migrasi ini kemungkinan di suatu wilayah akan mengalami peningkatan fasilitas komunikasi sehingga menjadi faktor penarik untuk terjadinya perpindahan penduduk.

Masalah Kependudukan dan Dampaknya pada PembangunanLingkungan alam setiap wilayah di permukaan bumi mempunyai ciri khas tersendiri. Hal itu dipengaruhi oleh faktor-faktor yang mendukungnya, seperti iklim, kondisi geologi, hidrologi, morfologi, tanah, dan vegetasi. Perbedaan kondisi fisik menimbulkan aktivitas kehidupan penduduk yang berbeda pula. Dengan kata lain, aktivitas penduduk melambangkan kemampuan lingkungan dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Didukung oleh kebudayaan yang dimiliki oleh individu atau kelompok dapat melahirkan bermacam-macam aktivitas yang beragam, misalnya mata pencarian ada yang bertani, nelayan serta ada yang bekerja pada sektor industri atau jasa. Sebagaimana yang sudah dikemukakan di atas bahwa karakter dan sifat wilayah akan memengaruhi kondisi penduduknya.

Perbedaan mengenai budaya dari wilayah itu baik berupa desa ataupun kota, juga akan memengaruhi pertumbuhan penduduk yang terjadi. Wilayah yang relatif subur, bisa menimbulkan penduduk datang ketempat itu dan bermukim hingga menjadi warga wilayah itu, maka secara tidak langsung proses itupun bisa dikatakan sebagai pertumbuhan penduduk. Berikut ini beberapa problem kependudukan yang timbul akibat dari pertumbuhan penduduk, dan nantinya akan memiliki pengaruh terhadap keadaan lingkungan.
  1. Terjadinya urbanisasi berakibat ketimpangan penduduk, di kota semakin tinggi dibanding desa.
  2. Adanya perubahan fungsi lahan, yang digunakan untuk kepentingan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  3. Kepadatan penduduk tinggi berakibat terbentuknya kawasan kumuh (slum area) di suatu kota.
  4. Pencemaran lingkungan akibat banyaknya limbah dari bermacam-macam aktivitas manusia.
  5. Menurunnya kualitas kesehatan penduduk.
  6. Meluasnya lahan padat huni di pinggiran kota.
  7. Tingginya persaingan dalam mendapatkan sarana pelayanan masyarakat.
  8. Rendahnya tingkat pendidikan yang diakibatkan sebab faktor ekonomi.
  9. Berubahnya budaya yang memengaruhi gaya hidup.
Berbagai hal di atas secara langsung dapat menghambat pembangunan. Maka di sisi lain, pihak-pihak yang bersangkutan perlu mengentaskan problem penduduk itu, dalam rangka membangun masyarakat Indonesia untuk mencapai ke- sejahteraan. Upaya yang dapat dilakukan pemerintah dalam mengatasi problem penduduk, antara lain:
  1. menertibkan dan mengatur arus urbanisasi;
  2. mengecek dan membenahi status kependudukan;
  3. memelihara kawasan-kawasan konservasi;
  4. membuat ketentuan untuk pemanfaatan lahan sekitar tempat tinggal dan sungai di suatu kota; serta
  5. membangun sarana dan fasilitas pelayanan umum dengan baik.

Sumber : IPS Terpadu - SMP Kelas VIII




No comments:

Post a Comment