Sunday, 13 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Sebab-Sebab Kebutuhan Manusia Beraneka Ragam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Sebab-Sebab Kebutuhan Manusia Beraneka Ragam

Manusia untuk mempertahankan hidupnya membutuhkan makanan dan pakaian. Kebutuhan itu belum lengkap jika belum mempunyai rumah tempat berlindung. Ketiga macam kebutuhan di atas adalah kebutuhan pokok. Setelah manusia dapat memenuhi kebutuhan makanan, pakaian, dan tempat berlindung, maka manusia akan berpikir cara mengisi rumah itu.

Timbullah kebutuhan perabot rumah tangga, lemari pakaian, tempat tidur dan lain-lain. Namun, meskipun kebutuhan di atas terpenuhi, tetap saja akan muncul lagi kebutuhan yang lain. Sehubungan dengan itu, untuk memenuhi kebutuhannya, manusia melaksanakan berbagai cara dan bermacam-macam pengorbanan. Contohnya, petani bercocok tanam di ladang, pedagang berjualan di pasar, guru mengajar di sekolah, dan ayah bekerja di kantor.

Jumlah penduduk yang semakin meningkat dan pesatnya kemajuan zaman, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berakibat langsung kepada kebutuhan manusia, dalam hal ini semakin bertambah dan beraneka ragam. Pada zaman dahulu bepergian cukup dengan berjalan kaki. Sekarang dengan ditemukannya kendaraan bermotor, untuk bepergian dekat pun menggunakan sepeda motor.

Di sisi lain manusia mempunyai sifat tidak pernah puas, maka tidaklah mengherankan jika kebutuhan manusia tidak terbatas. Ada berbagai hal yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas, antara lain: sifat manusia yang tidak pernah puas, pertambahan penduduk, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perubahan taraf hidup yang semakin meningkat, kebudayaan yang semakin maju, dan semakin mudahnya transportasi.

Sumber : IPS Terpadu - SMP Kelas VIII




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.