Friday, 11 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Tindakan Sosial Menurut Max Weber. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Tindakan Sosial Menurut Max Weber

Tindakan sosial menurut Max Weber (pakar sosiologi) adalah suatu tindakan individu selama tindakan itu mempunyai arti atau makna yang bersifat subjektif untuk dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain. Suatu tindakan individu yang diarahkan pada benda mati tidak masuk dalam kategori tindakan bersifat sosial. Dan suatu tindakan akan disebut sebagai suatu tindakan sosial saat tindakan itu benar-benar  ditujukan kepada orang lain atau individu lainnya. Walaupun seringkali tindakan sosial bisa berupa tindakan yang bersifat subjektif atu membatin yang bisa saja terjadi disebabkan oleh pengaruh positif yang berasal dari situasi tertentu. Dan bahkan sering tindakan dapat terulag kembali secara sengaja sebagai bentuk akibat dari suatu pengaruh keadaan yang sama berupa persetujuan secara pasif dalam situasi tertentu. Max Weber membedakan suatu tindakan sosial manusia ke dalam 4 tipe, antara lain :

Tindakan Rasionalitas Instumental


Tindakan sosial ini adalah suatu tindakan yang dilakukan seseorang yang berdasar atas pertimbangan dan juga pilihan secara sadar yang berkaitan dengan suatu tujuan tindakan itu dan ketersediaan suatu perangkat yang digunakan untuk dapat memperolehnya. Seperti contohnya : seorang murid yang seringkali terlambat datang ke sekolah disebabkan tidak memiliki kendaraan, yang pada akhirnya dia membeli suatu kendaraan supaya dia datang ke sekolah lebih cepat dan tidak lagi terlambat. Dan tindakan ini  sudah dipertimbangkan secara matang supaya dia memperoleh suatu tujuan tertentu. Dengan kata lain untuk menentukan suatu tujuan itu bisa saja suatu tindakan dilakukan agar dapat mendapat tujuan itu.

Tindakan Rasional Nilai

Dan untuk tindakan rasional nilai memiliki sifat bahwa perangkat yang ada hanya adalah suatu pertimbangan dan jugakalkulasi secara sadar, dan sementara untuk tujuannya tela ada di dalam sutu hubungan dengan suatu nilai individu yang bersifat absolut. Seperti contoh : dalam beribadah atau seseorang yang mendahulukan orang tua saat mengantri pembelian atau sembako. Itu artinya, tindakan sosial dari 4 tipe tindakan sosial menurut Max Weber ini sudah dipertimbangkan terlebih dulu disebabkan mendahulukan suatu nilai sosial atau nilai agama yang dia miliki.

Tindakan Sosial Menurut Max Weber
Max Weber
Tindakan Afektif atau Tindakan yang Di Pengaruhi Oleh Emosi

Untuk tipe tindakan ini lebih membawa perasaan atau emopsi tanpa perencanaan yang sadar. Tindakan ini bersifat spontan, tidak rasioanl, dan juga adalah suatu ekspresi emosional atau individu. Seperti contoh : hubungan kasih sayang diantara dua pasangan yang sedang jatuh cinta. Dan tindakan ini biasanya terjadi atas rangsangan dari luar yang sifatnya otomatis.
4-tipe-tindakan-sosial-menurut-max-weber

Tindakan Tradisional


Dalam tindakan ini, seseorang memperlihatkan suatu perilaku tertentu yang disebabkan sebab kebiasaan yang dimiliki dari nenek moyang, tanpa perencanaan. Seperti pulang kampung saat Lebaran.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.