Sunday 24 June 2018

Kali ini kita akan membahas tentang Isi janji koiso pada tanggal 7 september 1944. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Isi janji koiso pada tanggal 7 september 1944

Apa itu Janji Koiso ?
Janji Koiso adalah sebuah pernyataan politik yang dikeluarkan oleh Perdana Menteri Kekaisaran Jepang Kuniaki Koiso setelah dirinya menggantikan posisi Hideki Tojo sebagai Perdana Menteri.

Kapan dan dimana Janji Koiso dikeluarkan ?
Pernyataan politik ini dikeluarkan pada 7 September 1944 dalam sidang istimewa 'Teikoku Ginkai' ke 85 di Ibukota Kekaisaran Jepang, Tokyo.

Isi janji koiso pada tanggal 7 september 1944
Perdana Menteri Kuniaki Koiso

Apa isi Janji Koiso ?
Isi Janji Koiso adalah Kekaisaran Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia suatu hari. Setelah Perdana Menteri Koiso mengumumkan janji itu, tentara pendudukan Kekaisaran Jepang di Indonesia mulai melonggarkan pengawasan mereka terhadap Kaum Pergerakan Kemerdekaan, khususnya kaum nasionalis, namun tidak bagi kelompok sayap kiri atau komunis.
Kemudian Kekaisaran Jepang juga mulai membentuk berbagai macam organisasi yang menjadi wadah bagi para tokoh pergerakan Kemerdekaan Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Achmad Soebardjo, dan lainnya. Harapan Perdana Menteri Koiso dengan diumumkannya janji ini adalah agar Indonesia mau membantu Kekaisaran Jepang dalam Perang Dunia II - yang mulai menunjukkan kekalahan bagi pihak Poros - sebagai bentuk ucapan terimakasih.

Apakah Janji Koiso terealisasi ?
Janji ini tidak terealisasi karena Amerika Serikat berhasil mempercepat selesainya perang dengan Bom Hiroshima dan Bom Nagasaki.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Janji_Koiso

No comments:

Post a Comment