Saturday, 21 June 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Konektivitas Antar Ruang dan Waktu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu

Materi IPS SMP Kelas 7 : Pengertian Konektivitas Antar Ruang dan Waktu

Sebelum mempelajari maksud dari konektivitas atau hubungan antar ruang dan waktu, ada baiknya teman-teman membaca dulu pengertian aspek ruang dan pengertian aspek waktu.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, coba kita perhatikan kalimat-kalimat berikut ini :
  1. Adha lahir di kota Pontianak pada tanggal 22 Juli 2001
  2. Kota Hirosima dan Nagasaki luluh lantak dihantam bom atom Amerika pada tahun 1945
  3. Puing-puing pesawat Adam Air yang mengalami kecelakaan itu akhirnya ditemukan pada awal bulan Juli lalu.
  4. Saya akan pergi berlibur ke Bali saat liburan nanti.

Dari keempat kalimat diatas, dapat kita lihat bahwa suatu kejadian selalu terkoneksi dengan ruang dan waktu. Pada kalimat pertama, kota Pontianak menunjukkan aspek ruang, sedangkan aspek waktunya adalah tanggal 22 Juli 2001. Pada kalimat kedua, kota Hirosima dan Nagasaki menjadi aspek ruang, sedangkan aspek waktunya adalah tahun 1945. Aspek waktu tidak selalu ditunjukkan dengan tanggal, bulan atau waktu, bisa juga dengan kalimat lain seperti ditunjukkan pada kalimat nomor empat, aspek waktunya adalah saat liburan nanti.

Dalam suatu kejadian, kita bisa membahas beberapa aspek yaitu : aspek ruang, aspek waktu, aspek kemasyarakatan dan aspek budaya. Agar kita mengerti tentang alam sekitar dan prilaku masyarakat maka harus kita awali dengan kamampuan untuk memahami hubungan timbal balik antara : ruang dan waktu.

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu
Untuk memahami suatu peristiwa, kita dapat melihatnya dari berbagai aspek ruang, waktu, kebutuhan dan kemasyarakatan. Dalam hubungannya dengan keadaan alam dak aktivitas penduduk secara sederhana, kita dapat melihat dari konsep konektivitas antar ruang dan waktu. Ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hidup manusia, tumbuhan, dan hewan. Ruang juga bisa mengandung arti sebagai tempat terjadinya berbagai peristiwa baik alam maupun sosial. Dalam setiap peristiwa memiliki konektivitas antar ruang dan waktu.


Apakah ada keterikatan atau konektivitas antara ruang dengan waktu ? Jawabannya bisa kita lihat dari contoh berikut:

  1. Perang terjadi di negara Irak sehingga menyebabkan ketidaknyamanan penduduk untuk tetap bertahan hidup di negara tersebut. Akibatnya para penduduk Irak berbondong-bondong mengungsi ke negara tetangganya Iran.
  2. Ada perbedaan antara pasar tradisional dan pasar modern, misanya mall atau swalayan. Di pasar modern, fasilitas dilengkapi sehingga pembeli merasa lebih nyaman walaupun yang dijual sama saja dengan barang yang dijual di pasar tradisional, sehingga pembeli lebih senang berbelanja ke pasar modern daripada pasar tradisional.

Dari dua contoh di atas dapat dapat disimpulkan :

  1. Aspek ruang antara Iran dan Irak dan aspek waktu ketika perang berkecamuk di negara tersebut.
  2. Adanya perbedaan ruang yang lebih mengutungkan di pasar modern, Sehingga pembeli lebih senang berbelanja di sana dari pada di pasar modern.

Selain terikat oleh ruang, suatu peristiwa/gejala terikat juga oleh waktu. Sebagai contoh "terjadi peristiwa bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004". Peristiwa tsunami tersebut terikat oleh ruang, yaitu Aceh dan terikat oleh waktu, yaitu tahun 2004. Suatu peristiwa juga seringkali tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan rangkaian dari peristiwa-peristiwa sebelumnya. Contohnya, kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah  hasil perjuangan dari para pahlawan kita dulu saat era perjuangan. Kita harus berterimakasih dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendahului kita dan telah mengorbankan jiwa raganya untuk merebut kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.

Dalam sejarah, konsep waktu amat penting untuk mengetahui peristiwa masa lalu dan perkembangannya sampai saat ini. Konsep waktu dalam sejarah memiliki arti masa/periode berlangsungnya perjalanan tentang kisah kehidupan manusia. Waktu dapat dibagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu waktu lampau, sekarang, dan yang akan datang. Kisah masa lampau suatu masyarakat tentu saja terjadi di satu ruang. Ruang yang dimaksud bisa merupakan daerah dalam ruang lingkup kecil seperti desa atau dusun, bisa juga mencakup wilayah yang ruang lingkupnya lebih luas seperti sebuah negara.

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu
Manusia menggunakan ruang atau tempat sebagai tempat tinggal dan melakukan interaksi antara satu dan yang lainnya. Manusia saling menyapa, berkenalan, menegur, dan saling berinteraksi. Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia selalu berhubungan dengan manusia lainnya. Hubungan tersebut tercermin dalam hubungan interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan kunci dalam sendi-sendi kehidupan sosial karena tanpa interaksi, tidak mungkin terjadi aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, baik yang menyangkut hubungan antara individu dengan individu lainnya, antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lain.


Bumi dan seluruh isinya merupakan bukti kebesaran Tuhan Yang Maha Esa. Bentuk rasa syukur dapat kamu wujudkan dalam berbagai tindakan, seperti mengelola kekayaan alam secara bijaksana, menjalin kerja sama dengan sesama, dan menjaga kelestarian lingkungan.

Indonesia merupakan  negara yang memiliki kekayaan alam dan keragaman budaya. Keragaman budaya Indonesia terlihat dari beragamnya adat istiadat pada tiap-tiap suku bangsa. Setiap aktivitas penduduk tidak lepas dari konteks ruang dan waktu.




4 comments:

Note: only a member of this blog may post a comment.