Saturday 4 February 2023

Kali ini kita akan membahas tentang Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Pulau Kalimantan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Letak Astronomis, Geografis dan Geologis Pulau Kalimantan


Letak Astronomis Pulau Kalimantan

Kalimantan terletak di bagian barat daya pulau Borneo, yang merupakan bagian dari benua Asia dan terletak di kisaran 114°E - 128°E dan 2°S - 6°N. Letak astronomis Kalimantan berada pada garis lintang sekitar 2° Lintang Selatan hingga 6° Lintang Selatan dan garis bujur sekitar 114° Bujur Timur hingga 128° Bujur Timur.

Letak Geografis Pulau Kalimantan

 Kalimantan membentang sekitar 740.000 km2 dan merupakan pulau terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan Papua Nugini. Secara geografis, Kalimantan memiliki pegunungan yang tinggi di sebelah barat dan dataran rendah di sebelah timur. Sungai-sungai yang besar membelah pulau ini menjadi beberapa wilayah, dan pulau ini juga memiliki hutan hujan tropis dan lautan yang rimbun. Adanya kekayaan sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, dan kayu membuat Kalimantan menjadi salah satu wilayah penting bagi perekonomian Indonesia.

Letak Geologis Pulau Kalimantan

 Kalimantan berada di bagian barat dari pulau Borneo dan memiliki wilayah geologi yang kaya. Terdapat banyak sumber daya mineral seperti emas, tembaga, batu bara, dan minyak bumi. Ada juga beberapa tipe batuan yang berbeda seperti formasi batuan metamorf, batuan beku dan formasi batuan sedimen. Daerah-daerah tertentu di Kalimantan juga memiliki aktivitas geologi seperti letusan gunung berapi dan gempa bumi. Kondisi geologi pulau ini sangat penting bagi perekonomian dan pembangunan wilayah.





No comments:

Post a Comment