Monday 20 March 2023

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Soal Test Skolastik : Analogi Komputer dan Bulan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Contoh Soal Test Skolastik : Analogi Komputer dan Bulan

 Contoh 1:

Sistem operasi adalah untuk mengelola perangkat keras dan perangkat lunak seperti ... adalah untuk mengatur siklus bulan?
a. Matahari
b. Bintang
c. Gravitasi
d. Atmosfer

Jawaban:
c. Gravitasi

Penjelasan:
Analogi dalam soal ini menunjukkan hubungan fungsional antara dua pasangan objek yang berbeda, yaitu komputer dan fenomena alam. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengelola perangkat keras dan perangkat lunak dalam komputer. Sementara itu, gravitasi, terutama gravitasi dari Matahari dan Bumi, merupakan gaya yang mengatur siklus bulan, termasuk fase dan orbit bulan. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah "gravitasi".

Contoh 2:

Keyboard adalah untuk input data seperti ... adalah untuk menyebabkan pasang surut?
a. Bulan purnama
b. Bulan sabit
c. Bulan baru
d. Gerhana bulan

Jawaban:
a. Bulan purnama

Penjelasan:
Analogi dalam soal ini menunjukkan hubungan fungsional antara dua pasangan objek yang berbeda, yaitu komputer dan fenomena alam terkait bulan. Keyboard merupakan perangkat input yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Sementara itu, bulan purnama (serta bulan baru) memiliki pengaruh terbesar terhadap pasang surut di Bumi karena posisi Matahari, Bumi, dan Bulan yang sejajar, sehingga gaya gravitasi dari Matahari dan Bulan berkolaborasi. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah "bulan purnama".

Contoh 3:

Antivirus adalah untuk melindungi komputer dari virus seperti ... adalah untuk melindungi Bumi dari dampak meteor?
a. Atmosfer
b. Bulan
c. Gravitasi
d. Medan magnet

Jawaban:
a. Atmosfer

Penjelasan:
Analogi dalam soal ini menunjukkan hubungan fungsional antara dua pasangan objek yang berbeda, yaitu komputer dan fenomena alam. Antivirus adalah perangkat lunak yang melindungi komputer dari virus dan ancaman keamanan lainnya. Sementara itu, atmosfer Bumi melindungi Bumi dari dampak meteor kecil dengan membakar sebagian besar meteor sebelum mereka mencapai permukaan. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah "atmosfer".



Contoh 4:

Cache adalah untuk penyimpanan data sementara seperti ... adalah untuk menyimpan materi sementara sebelum pembentukan bulan?
a. Awan debu dan gas
b. Atmosfer
c. Medan magnet
d. Gravitasi

Jawaban:
a. Awan debu dan gas

Penjelasan:
Analogi dalam soal ini menunjukkan hubungan fungsional antara dua pasangan objek yang berbeda, yaitu komputer dan proses terkait pembentukan bulan. Cache merupakan komponen penyimpanan data sementara dalam komputer yang memungkinkan akses data yang lebih cepat. Sementara itu, awan debu dan gas merupakan materi sementara yang ada sebelum pembentukan bulan, di mana proses akresi menyebabkan materi tersebut berkumpul dan membentuk bulan yang kita kenal sekarang. Oleh karena itu, jawaban yang paling sesuai adalah "awan debu dan gas".

Dalam keempat contoh ini, analogi membantu menguji pemahaman tentang fungsi objek yang berbeda dalam konteks komputer dan fenomena alam terkait bulan serta mengidentifikasi hubungan fungsional yang ada di antara mereka.





No comments:

Post a Comment