Tuesday, 5 August 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Keunggulan Lokasi Indonesia (Iklim, Geostrategis dan Tanah). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Keunggulan Lokasi Indonesia (Iklim, Geostrategis dan Tanah)

Materi SMP kelas 8 : Keunggulan Lokasi Indonesia

Sebelum mempelajari tentang keunggulan atau keuntungan lokasi Indonesia, mari kita amati peta konsep di bawah ini!

Peta konsep di atas menunjukkan 3 (tiga) keunggulan lokasi di Indonesia yakni (1) iklim, (2) geostrategis, dan (3) kondisi tanah. Untuk membantu memahami tiga keunggulan tersebut kamu dapat pelajari uraian berikut.





Keunggulan Lokasi Indonesia
Peta Konsep Keunggulan Lokasi Indonesia


1. Keunggulan Iklim di Indonesia

Keunggulan Iklim Indonesia
Keunggulan Iklim Indonesia

Perhatikan gambar di atas. Berdasarkan gambar tersebut apa yang dapat kita ketahui tentang keunggulan iklim di Indonesia? Gambar di atas menunjukkan bahwa berdasarkan pembagian iklim matahari yang meliputi iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin/kutub, maka Indonesia terletak di daerah yang beriklim tropis. Indonesia juga terletak di antara dua benua, yakni Asia dan Australia, hal itu menyebabkan Indonesia memiliki pola arah angin yang selalu berganti setiap setengah tahun sekali, yakni angin musim Barat dan angin musim Timur. Akibatnya adalah : wilayah negara Indonesia memiliki iklim musim/muson. Keberadaan Indonesia yang terletak di daerah tropis sekaligus dipengaruhi oleh angin musim, karena itu Indonesia memiliki iklim musim/muson tropis. Apakah kamu telah memahami keunggulan iklim muson tropis tersebut?
(catatan : Penjelasan Indonesia berada pada daerah tropis dapat dibaca di materi : Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia)

Keunggulan iklim muson tropis diantaranya adalah temperatur yang tidak terlalu ekstrim, atau dengan kata lain tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Di samping itu, iklim muson tropis juga mengakibatkan terjadinya musim penghujan dan musim kemarau yang senantiasa berganti setiap setengah tahun (6 bulan) sekali. Keadaan ini menyebabkan masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun. Keadaan ini berbeda dengan beberapa negara lain seperti di Eropa dan Australia. Musim dingin menyebabkan masyarakat akan kesulitan melaksanakan kegiatan ekonomi. Coba perhatikan gambar suasana musim dingin di bawah ini, bisa kalian bayangkan betapa sulitnya melaksanakan kegiatan-kegiatan pada musim tersebut.
Keunggulan Lokasi Indonesia
Suasana Musim Dingin

Keunggulan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis misalnya dapat bekerja sepanjang tahun dan dapat menanam tanaman sepanjang tahun. Sedangkan kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim tropis misalnya ada yang menjadi pemalas, karena tidak memiliki tantangan alam yang berat.

Setelah kalian memahami keunggulan iklim di Indonesia, selanjutnya kalian dapat mempelajari bagaimana keunggulan letak geostrategis di Indonesia. Uraian berikut ini akan membantu kalian untuk memahami bagaimana keunggulan geostrategis di Indonesia. 

2.Keunggulan Geostrategis di Indonesia
Untuk memahami keunggulan lokasi geostrategis wilayah Indonesia, amatilah peta posisi silang wilayah Indonesia pada Gambar berikut.


Keunggulan Lokasi Indonesia
Keunggulan Geostrategis Indonesia
Keunggulan letak geostrategis Indonesia berkaitan dengan letak Indonesia yang berada di antara dua benua yakni benua Benua Asia dan Benua Australia, Indonesia juga terletak di antara dua samudera yakni Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Mengapa letak tersebut dikatakan strategis? Lokasi Indonesia ibarat berada di persimpangan lalu lintas perjalanan internasional. Sebagai contoh perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia, bahkan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Perdagangan tersebut melewati wilayah darat, laut, dan udara.

Karena posisi silang Indonesia merupakan posisi negara Indonesia yang terletak di antara dua samudera dan dua benua, hal itu membawa keuntungan dan kerugian tertentu dalam aspek kehidupan, maka diperlukan Wawasan Nusantara pada pribadi setiap warga Indonesia. Wawasan Nusantara sendiri berarti cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan segala aspek kehidupan yang beragam.

3. Keunggulan Tanah di Indonesia
Kamu tentu sering memperhatikan kondisi tanah di sekitar tempat tinggalmu. Bagaimana masyarakat  di lingkunganmu memanfaatkan tanah? Perbedaan apa saja yang kamu temukan pada kondisi tanah di lingkunganmu? Keunggulan apa saja yang terdapat pada kondisi tanah di Indonesia?
Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah mempelajari berbagai jenis tanah di Indonesia. Tanah di Indonesia subur salah satunya disebabkan Indonesia berada di daerah vulkanis. Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang letusannya setiap saat dapat menyuburkan tanah. Mengapa gunung berapi dapat menyuburkan tanah? Letusan gunung berapi menyemburkan abu vulkanis sebagai penyubur kembali tanah yang kurang subur. Tanah di Indonesia yang subur akan mengakibatkan berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik. Kondisi tanah yang subur, iklim tropis dengan
sinar matahari dan curah hujan yang cukup merupakan keunggulan komparatif tersendiri bagi wilayah negara Indonesia. Dengan kata lain tanah di Indonesia dapat ditanami berbagai jenis tanaman dan memberikan hasil yang besar.

Keunggulan tanah di IndonesiaTanah di Indonesia yang subur berakibat berbagai jenis hewan/fauna dapat hidup dengan baik. Dengan kondisi tanah yang subur, iklim tropis dan curah hujan yang cukup, tanah kita dapat ditanami berbagai jenis tanaman sebagai penyedia makanan bagi berbagai jenis hewan (fauna). Itulah sebabnya Indonesia juga kaya dengan berbagai jenis hewan, baik yang hidup secara alami maupun yang secara sengaja diternakkan. Itulah sebabnya tanah menjadi salah satu keunggulan lokasi Indonesia.

Renungan tentang keunggulan lokasi Indonesia

Kita selaku penduduk Indonesia harus selalu mensyukuri keunggulan lokasi yang diberikan oleh Tuhan YME, baik terkait dengan kondisi iklim, geostrategis, maupun kondisi tanah yang subur, serta kaitannya dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Keunggulan lokasi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia harus dimanfaatkan secara maksimal. Bagaimana upaya yang dapat kalian lakukan agar keunggulan tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal? Tugas kalian untuk belajar dengan sebaik-baiknya agar kelak menjadi sumber daya manusia yang cakap dan terampil, yang mampu memanfaatkan berbagai keunggulan tersebut.

Contoh Soal tentang keunggulan lokasi Indonesia

  1. Jelaskan bagaimana keuntungan Indonesia yang beriklim tropis?
  2. Jelaskan hubungan letak Indonesia dengan keberadaan dua musim di Indonesia!
  3. Mengapa kondisi tanah di Pulau Jawa umumnya sangat subur untuk pertanian?
  4. Daerah Bandung Jawa Barat merupakan daerah dataran tinggi, sedangkan Cirebon di Jawa barat merupakan dataran rendah. Untuk mengembangkan perkebunan teh, mana daerah yang lebih tepat? Jelaskan alasanmu!
  5. Mengkreasi Iklim di Indonesia berpengaruh terhadap variasi flora dan fauna. Namun kelestarian flora dan fauna tersebut terancam oleh keberadaan manusia. Sebagai pelajar, apa yang dapat kamu lakukan untuk turut serta melestarikan flora dan fauna di lingkungan tempat tinggalmu?
Meskipun negara Indonesia memiliki lokasi strategis yang menguntungkan, kita tidak boleh terperangkap dengan kemalasan. Keunggulan tersebut tidak boleh membuat kita lengah, Ciri-ciri keadaan sosial, yaitu suatu keadaan atau kondisi yang menggambarkan mengenai hal-hal yang berkaitan perbuatan manusia di Indonesia dan Asia Tenggara dapat dipelajari pada artikel ini.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.