Wednesday, 3 December 2014

Kali ini kita akan membahas tentang Sepuluh sungai terpanjang di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Sepuluh sungai terpanjang di Indonesia

Sungai adalah bagian dari muka bumi yang lebih rendah, tempat dimana air mengalir dari daerah-daerah di sekitarnya. Curah hujan yang sangat tinggi di Indonesia berakibat banyaknya sungai dengan ukuran yang beragam. Kehidupan masyarakat Indonesia juga banyak ditunjang oleh keberadaan sungai, baik sebagai sarana transportasi yang menghubungkan wilayah-wilayah yang ada di Indonesia, sebagai sumber air maupun irigasi. Indonesia memiliki 5.590 sungai yang memanjang dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari sekian banyak sungai-sungai yang ada di Indonesia itu, ada yang memiliki panjang sampai ratusan bahkan ribuan kilometer. Berikut ini disajikan 10 (sepuluh) sungai terpanjang yang terdapat di Indonesia dimulai dari yang terpanjang yaitu Sungai Kapuas.

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat (panjang = 1.178 km)

Sepuluh sungai terpanjang di Indonesia
Sungai Kapuas
Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Nama sungai Kapuas berasal dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai ini disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi) hingga sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai. Sungai Kapuas yang terletak di Kalimantan Barat ini memiliki panjang lebih dari seribu kilometer, tepatnya 1.178 km. Sungai Kapuas banyak menyimpan berbagai jenis ikan, di sungai ini terdapat sekitar 700 jenis ikan, 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang sudah terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas mencapai 2 juta ton. Hutan di Kalimatan Barat yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya. Sungai kapuas juga berfungsi sebagai sarana angkutan laut yang dapat dilayari kapal-kapal dengan ukuran yang cukup besar.

2. Sungai Mahakam, Kalimantan Timur (panjang = 920 km)

Sungai Mahakam
Di bawah Sungai Kapuas, sungai terpanjang kedua yang juga terdapat di pulau Kalimantan adalah Sungai Mahakam dengan panjang hampir mencapai seribu kilometer atau tepatnya 920 km. Bagian hulu Sungai Mahakam berada di wilayah Kabupaten Kutai Barat, sedangkan bagian mulut sungai berada di Selat Makassar. Sejak dulu, Sungai Mahakam memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat sekitarnya baik dalam kegiatan transportasi, ekonomi, sosial dan budaya.

3. Sungai Barito, Kalimantan Selatan (panjang = 909 km)

Sungai Barito
Di bawah Sungai Mahakan, sungai terpanjang ketiga yang juga terdapat di pulau Kalimantan adalah Sungai Barito dengan panjang hampir mencapai seribu kilometer atau tepatnya 909 km. Sungai Barito yang terletak di Kalimantan Selatan ini, aliran sungainya berasal dari Pegunungan Muler dan bermuara di Laut Jawa. Tidak hanya dikenal panjang, Sungai Barito juga memiliki lebar yang sangat luas yaitu sekitar 650 meter sama 800 meter, bahkan mencapai 1.000 meter dibagian muaranya.

4. Batanghari, Sumatera Barat dan Jambi (panjang = 800 km)

Setelah tiga besar sungai terpanjang di Indonesia dikuasai oleh Kalimantan, barulah sungai terpanjang keempat berada di Pulau Sumatera. Sungai Batanghari yang terletak di Sumatera ini dikenal juga dengan sebutan Sungai Hari yang memiliki panjang sekitar 800 km. Mata air Batanghari ini berasal dari Gunung Rasan, sedangkan aliran sungainya bermuara di Muara Sebak. Aliran Sungai Batanghari dari hulu sampai muara banyak menyimpan  catatan sejarah, terutama yang berkaitan dengan peradaban Melayu.

5. Sungai Musi, Sumatera Selatan (panjang = 750 km)

Sungai kelima terpanjang di Indonesia juga terdapat di Sumatera, tepatnya Sumatera Selatan. Sungai Musi memiliki panjang 750 km. Sungai Musi membelah Ibukota Sumatera Selatan, yaitu Kota Palembang menjadi dua bagian. Melintas di atas sungai ini, sebuah jembatan yang menjadi ikon Kota Palembang yaitu Jembatan Ampera.

6. Sungai Mamberamo, Papua (panjang = 670 km)

Dari daerah barat, sungai terpanjang berikutnya berada di wilayah timur Indonesia, sungai Mamberamo yang berada di Papua. sungai Mamberano yang terletak di Pegunungan Foja, Kabupaten Sarmi, Papua ini dikenal dengan julukan 'Amazonnya Papu'. Sungai Mamberamo memiliki panjang sekitar 670 km. Julukan tersebut diberikan kepada sungai ini karena memiliki beragam kekayaan hayati.

7. Bengawan Solo, Jawa Tengah (panjang = 548,53 km)

Pulau jawa sebagai pulau terpadat penduduknya di Indonesia memiliki sungai Bengawan Solo yang menjadi salah satu sungai terpanjang di Pulau Jawa sekaligus sungai terpanjang ketujuh terpanjang di Indonesia. Panjang sungai ini sekitar 548,53 km yang memanjang di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bengawan Solo mempunyai dua hulu yaitu di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, yang selanjutnya bermuara di Gersik.

8. Sungai Digul, Papua (panjang = 525 km)

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya adalah Sungai Digul di Papua. Sungai Digul membentang sepanjang 525 km yang mengalir mulai dari pegunungan Maoke sampai muaranya di Laut Arafuru. Di tepi Sungai Digul, terdapat suatu area yang memiliki fungsi sebagai tempat tahanan perang pada zaman penjajahan Belanda, yaitu Tanah Merah.

9. Sungai Indragiri, Riau (panjang = 500 km)

Sungai Indragiri merupakan sungai terpanjang kesembilan di Indonesia yang memiliki panjang sekitar 500 km. Aliran Sungai Indragiri ini berasal dari dua sungai lainnya yaitu Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar yang menyatu di Sungai Indragiri.

10. Sungai Seruyan di Kalimantan Tengah (panjang = 350 km)

Kembali ke Kalimantan, Sungai Seruyan berada di Kabupaten Seruyan, provinsi Kalimantan Tengah menjadi sungai terpanjang berikutnya, Sungai Seruyan merupakan sungai kesepuluh terpanjang Indonesia dengan panjang yang mencapai 350 km. Lebar sungai Seruyan adalah 300 meter dengan rata-rata kedalaman mencapai 6 meter.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.