Tuesday, 1 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Faktor Pendorong Perdagangan Internasional. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Dari pengertian perdagangan internasional tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadinya perdagangan itu dilandasi suka sama suka dan saling menguntungkan yang sekaligus menjadi motif atau dorongan bagi orang untuk melakukan tukar menukar karena adanya kemungkinan didapatkannya manfaat dari perdagangan. Berdagang dengan Negara lain kemungkinan dapat memperoleh banyak manfaat, yakni dapat membeli barang yang harganya lebih rendah atau mungkin saja dapat menjual barang keluar negeri dengan harga yang relative lebih tinggi.
Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional


Ada beberapa hal yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional, diantaranya adalah :
  1. Perbedaan sumber alam. Karena Negara mempunyai sumber alam yang berbeda, sehingga produknya juga berbeda. Indonesia menghasilkan minyak bumi, Jerman tidak. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan terhada minyak bumi Jerman harus mengimpor.
  2. Perbedaan ongkos produksi dinegara satu dengan Negara yang lain, sehingga dapat menyebabkan adanya perdagangan.
  3. Untuk memperoleh barang-barang yang belum dapat dihasilkan sendiri. Tidak semua barang kebutuhan suatu Negara dapat dipenuhi oleh produknya sendiri, sehingga perlu mengimpor dari Negara lain.
  4. Untuk mendapatkan keuntungan (devisa) melalui kegiatan ekspor impor sehingga dapat meningkatkan pendapatan Negara.
  5. Dorongan untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa dengan menjual produksi yang berlebih ke luar negeri (ekspor).
  6. Keinginan suat bangsa dalam melaksanakan kegiatan ekonomi ntuk mempersiapkan diri menerima wisatawan mancanegara ang dapat menimbulkan transaksi antarnegara, seperti penjualan dan pembelian barang-barang cinderamata.
  7. Keinginan untuk menaikkan pendapatan, karena apabila pendapatan bertambah, berarti kemampuan membeli barang-barang impor juga bertambah.
  8. Perbedaan selera mendorong timbulnya perdagangan internasional, misalnya terhadap jenis barang tertentu apabila sudah menyenangi, kemungkinan besar akan membeli.

Sumber : http://edukasicenter.blogspot.co.id




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.