Tuesday, 1 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Letak Geografis Benua Asia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Letak Geografis Benua Asia

Benua adalah daratan sangat luas yang berada di permukaan planet bumi. Benua diidentifikasi lebih berdasar konvensi (kesepakatan) daripada kriteria-kriteria baku. Asia adalah benua terbesar diantara tujuh wilayah yang umum dianggap sebagai benua, yaitu : Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarktika, Eropa, dan Australia. Dalam Geologi, area kerak benua meliputi wilayah yang tertutupi air.

Letak Geografis Benua Asia


Asia adalah benua terluas. Luasnya mencapai 33% dari seluruh daratan di muka bumi, yaitu 44.444.100 km2. Benua Asia berada di bagian timur bumi, dan nyaris seluruh wilayahnya berada di belahan bumi bagian utara (kecuali sebagian wilayah Indonesia).

Berikut ini batas-batas geografis Asia.

  • Sebelah utara : Samudra Arktik dan Selat Bering.
  • Sebelah selatan : Samudra Hindia.
  • Sebelah barat : Pegunungan Ural (batas dengan Eropa), Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Laut Tengah, dan Laut Merah.
  • Sebelah timur : Samudra Pasifik.
Letak Geografis Benua Asia
Benua Asia

kepulauan yang ada di Benua Asia antara lain Kepulauan Filipina, Kepulauan Indonesia, Kepulauan Maladewa, dan Kepulauan Jepang. Rangkain Pegunungan yang terdapat di Asia, antara lain Pegunungan Hindukush. Pegunungan Tianshan, Pegunungan Korakoram, dan Pgunungan Himalaya. Pegunungan Himalaya adalah Pegunungan tertinggi di dunia dengan puncaknya adalah Mount Everst (8.848 meter). Dataran tinggi di Asia terdapat didaerah antara lain Dataran tinggi Iran, Dataran Tinggi Tibet, Dan dataran Tinggi Khasmir. Dataran Tinggi Khasmir adalah dataran dataran tinggi tertinngi di dunia, dengan nama julukan Atap Dunia. Gurun yang ada di Benua Asia, antara lain Gurun Arabia di Asia Barat serta Gurun Gobi dan Gurun Thar di Asia Tengah. Sungai besar di Benua Asia antara lain Sungai Indus (India), Sungai Gangga (India), Sungai Brahmaputera (India) dan Sungai Yang Tse (Cina).




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.