Tuesday, 1 November 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Letak Geografis Benua Afrika. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Letak Geografis Benua Afrika

Benua adalah daratan sangat luas yang berada di permukaan planet bumi. Benua diidentifikasi lebih berdasar kesepakatan daripada kriteria-kriteria baku. Afrika adalah benua terbesar ketiga di dunia setelah Asia dan Amerika dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Dengan 800 juta penduduk di 54 negara, benua ini adalah tempat untuk sepertujuh populasi dunia. Istilah Afrika berasal dari kata Aforika, nama dari salah satu suku bangsa asli Chaitago di Tunisia. Oleh bangsa Romawi nama itu diubah menjadi Afrika atau Afrikani.

Letak Geografis Benua Afrika


Afrika adalah yang terbesar dari ketiga benua di belahan selatan Bumi dan yang terbesar kedua setelah Asia dari semua benua. Luasnya kurang lebih 30,244,050 km2 (11,677,240 mil2) termasuk kepulauan disekitarnya, meliputi 20.3% dari total daratan di bumi dan didiami lebih dari 800 juta manusia, atau sekitar sepertujuh populasi manusia di bumi.

Benua Afrika Dipisahkan dari Eropa oleh Laut Tengah, menyatu dengan Asia di ujung timur lautnya melalui Terusan Suez yang mempunyai lebar 130 km. Semenanjung Sinai yang dimiliki oleh Mesir sering dianggap secara geopolitis sebagai bagian dari Afrika. Dari ujung paling utara, Cape Spartel di Maroko, di 37°21′ lintang Utara, ke ujung paling selatan, Cape Agulhas di Afrika Selatan, 34°51′15″ lintang Selatan, terbentang jarak sekitar 8000 km; dari ujung paling barat, Cape Verde, 17°33′22″ bujur Barat, sampai ujung paling timur, Ras Hafun di Somalia, 51°27′52″ bujur Timur, jaraknya sekitar 7.400 km. Panjang garis pantainya 26.000 km (sebagai perbandingan, Eropa, yang mempunyai luas 9.700.000 km² mempunyai garis pantai 32.000 km.

Letak Geografis Benua Afrika
Benua Afrika

Sebagian besar Afrika letaknya di daerah tropik. Pantai Afrika berbentuk pejal (tidak berliku-liku dan tidak banyak teluk). Benua Afrika letaknya di sebelah barat daya Benua Asia dan di sebelah selatan Benua Eropa. Luas Benua Afrika + 30,3 juta km2 atau seperlima dari seluruh permukaan daratan bumi.

Antara Benua Afrika, Asia, dan Eropa terbentuk massa daratan raksasa yang disebut Benua Lama. Benua Afrika mempunyai berbagai perbedaan dengan Benua Asia dan Benua Eropa sehingga Benua Afrika sering diklasifikasikan ke dalam Benua Selatan. Di bagian timur Benua Afrika terdapat Pulau Madagaskar, Zanzibar, dan Seychelles. Di bagian barat terdapat Kepulauan Sao Tome, Cope Verde, Kepulauan Medeira, dan Kepulauan Kanari.




No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.