Saturday, 7 July 2018

Kali ini kita akan membahas tentang Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia berdasarkan Pola Penggunaan Lahan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia berdasarkan Pola Penggunaan Lahan

Sebelum membahas tentang kegiatan ekonomi masyarakat indonesia berdasarkan pola penggunaan lahan, mari kita lihat dulu pengertian dan tujuan "Kegiatan Ekonomi". Kegiatan ekonomi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan sebuah tujuan agar bisa mendapatkan sebuah barang ataupun jasa. Kegiatan ekonomi bisa juga untuk diartikan sebagai sebuah kegiatan agar bisa mencapai sebuah kesejahteraan di dalam hidup. Sedangkan tujuan kegiatan ekonomi ialah untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hidupnya terutama kebutuhan primer. Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan seseorang suatu perusahaan atau suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa maupun mengkonsumsi barang dan jasa tersebut.

Macam-macam kegiatan ekonomi yang diantaranya yaitu:
Kegiatan Produksi
Kegiatan ekonomi ini ialah sebuah kegiatan ataupun pekerjaan yang dapat menghasilkan barang atau produk dan jasa. Tujuan dari kegiatan produksi ini yakni untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Sedangkan tujuan pihak produsen sendiri yakni untuk mencari keuntungan atau laba dari kegiatan ini.

Kegiatan Distribusi
Lalu kegiatan distribusi ialah sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk menyalurkan produk atau barang maupun menyalurkan jasa kepada para konsumen yang akan membeli produk atau memakai jasa tersebut tentunya mendistribusikannya dengan memakai cara tertentu. Yang melakukan distribusi disebut dengan distribusi atau kita sering menyebutnya penyalur dan yang melakukan distribusi ini bisanya agen dan pedagang besar.

Kegiatan Konsumsi
Dan kegiatan konsumsi ialah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu produk dan jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan konsumen dari kegiatan ini yakni untuk memenuhi keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya.

Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia berdasarkan Pola Penggunaan Lahan

Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia berdasarkan Pola Penggunaan Lahan

A. Pengertian Lahan

Lahan berperan penting dalam kehidupan manusia. Lahan berbeda dengan tanah. Tanah adalah suatu benda fisik yang berdimensi tiga, terdiri atas lebar, panjang, dan dalam serta merupakan bagian paling atas dari kulit bumi. Lahan adalah lingkungan fisik dan biotik yang berkaitan dengan daya dukungan terhadap kehidupan dan kesejahteraan manusia. Faktor fisik yang berpengaruh terhadap penggunaan lahan diantaranya adalah :
Lereng, berpengaruh terhadap pengaliran air sebagai penyebab tidak rusaknya tanah dan ketinggian tempat, berpengaruh terhadap jenis tanaman yang diusahakan.

B. Bentuk Penggunaan Lahan

1. Penggunaan Lahan di Pedesaan
Lahan di pedesaan digunakan bagi kehidupan sosial dan ekonomi. Penggunaan lahan di pedesaan dilakukan secara berhati-hati dan secara terbatas dengan memperhatikan aturan konversi dalam segala kegiatan sosial ekonomi.
Bentuk penggunaan lahan di pedesaan dipengaruhi oleh keadaan alamnya, yang meliputi: daerah pantai, dataran tinggi, dataran rendah, da daerah yang sedikit mendapat curah hujan.

2. Penggunaan Lahan di Pekotaan
Kota adalah suatu permukiman dengan bangunan rumah yang rapat dan penduduknya bermata pencaharian bukan pertanian, tetapi kegiatan ekonomi perkotaan terutama ekonomi industri dan jasa. Penggunaan lahan di kota umumnya dimanfaatkan untuk : Pusat perdagangan, Perkantoran, Permukiman, Pusat pendidikan, Ruang Hijau terbuka, Jalan Raya dan Kawasan Industri.





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.