Sunday, 25 January 2015

Kali ini kita akan membahas tentang Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Apa yang dimaksud dengan istilah pembangunan ekonomi ? Istilah pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi sering dianggap sama pengertiannya, padahal kedua istilah itu mengandung arti yang berbeda. Untuk lebih memahami perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi, kita simak penjelasan berikut.

Kita mulai dari melihat definisinya, definisi Pembangunan ekonomi adalah Suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan per kapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dan disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara. Sedangkan definisi Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Jika dilihat dari tujuannya, pembangunan ekonomi bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat, karena dengan pembangunan ekonomi dapat dicapai perubahan berupa kemajuan dan perbaikan menuju ke arah yang ingin dicapai. Sedangkan tujuan dari pertumbuhan ekonomi adalah untuk memperlancar proses pembangunan ekonomi.

Dari sisi fungsinya juga mempunyai perbedaan, pembangunan ekonomi memiliki fungsi untuk meningkatkan pembangunan per kapita masyarakat, sedangkan pertumbuhan ekonomi berfungsi untuk meningkatkan kenaikan PDB dan pertumbuhan masyarakat.

Dari sifatnya juga berbeda, pembangunan ekonomi bersifat kualitatif, sedangkanp ertumbuhan ekonomi bersifat kuantitatif.

Tempat pelaksanaannya juga memiliki perbedaan, pembangunan ekonomi bertempat di sekitar wilayah pemerintah, sedangkanp ertumbuhan ekonomi di sekitar pemerintahan dan penghasil SDA.

Jika dilihat alasan atau motivasinya, pembangunan ekonomi memiliki alasan untuk mengurangi pengangguran, mengurangi kesenjangan stratifikasi ekonomi, dan meningkatkan pendapatan per kapita, sedangkan pertumbuhan ekonomi memiliki alasan untuk menekan kenaikan PDB.

Subjeknya juga berbeda, Subjek dari pembangunan ekonomi adalah Pemerintah, sedangkan subjek pertumbuhan ekonomi adalah Pengusaha

Objeknya juga berbeda, objek dari pembangunan ekonomi adalah Kebutuhan masyarakat, sedangkan objek pertumbuhan ekonomi adalah Menyejahterakan masyarakat.

Jika dilihat lebih jauh, faktor pendukung keduanya juga berbeda, faktor pendukung pembangunan ekonomi adalah Kebudayaan, teknologi, pemerintah, dukungan masyarakat, kondisi alam, dan perekonomian. Sedangkan faktor pendukung pertumbuhan ekonomi : SDA, SDM, kewirausahaan, dan investasi.

Faktor prnghambat Pembangunan ekonomi adalah Rendahnya pengetahuan, dan teknologi, rendahnya kualitas tenaga kerja, rendahnya anggaran pendidikan, faktor budaya yang bersifat menghambat, tingkat korupsi yang tinggi, rendahnya daya beli masyarakat, pengangguran, kekurangan modal,dan masalah pemerataan pendapatan. Sedangkan faktor penghambat pertumbuhan ekonomi adalah penduduk menurun, kegagalan dari pembangunan ekonomi, terbatasnya kualitas SDM, dan terbatasnya SDM.

Solusi dari pembangunan ekonomi adalah Meningkatkan pendidikan, dan memperluas lapangan kerja. Sedangkan solusi pertumbuhan ekonomi adalah Memperbaiki sistem politik dan ekonomi, meningkatkan hasil produksi, dan memperbesar tingkat muetasi dari tahun ke tahun.

Tolak ukur pembangunan ekonomi adalah Kenaikan per kapita, pertambahan pendapatan nasional, dan perubahan struktur ekonomi. Sedangkan tolak ukur pertumbuhan ekonomi adalah Produk domestik bruto, pendapatan per jam kerja, usia harapan hidup, inovasi, dan membandingkan pendapatan nasional dari tahun ke tahun dan tingkat produksi.




1 comment:


  1. Untuk lebih simplenya silahkan klik
    Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

    Silahkan di bookmark dan temukan materi lainnya.

    ReplyDelete