Tuesday, 18 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Cara Pelestarian Terumbu Karang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Cara Pelestarian Terumbu Karang

Untuk mencegah semakin rusaknya terumbu karang, maka diperlukan pengelolaan terumbu karang. Pengelolaan pada hakekatnya adalah suatu proses pengontrolan tindakan manusia agar pemanfaatan terumbu karang dapat dilakukan secara bijaksana dengan mengindahkan kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah dengan konsep penetapan Kawasan Konservasi Laut (KKL). KKL mempunyai peran utama sebagai berikut.

  1. Melindungi keanekaragaman hayati serta struktur, fungsi dan integritas ekosistem. Kawasan konservasi dapat berkontribusi untuk mempertahankan keanekaragaman hayati pada semua tingkatan trofik dari ekosistem, melindungi hubungan jaringan makanan dan proses- proses ekologis dalam suatu sistem.
  2. Meningkatkan hasil perikanan. Kawasan konservasi dapat melindungi daerah pemijahan, pembesaran, tempat mencari makanan, meningkatkan kapasitas reproduksi dan stok sumberdaya ikan.
  3. Menyediakan tempat rekreasi dan pariwisata. Kawasan konservasi dapat menyediakan tempat untuk kegiatan rekreasi dan pariwisata alam yang bernilai ekologis dan estetika. Perlindungan pada tempat-tempat khusus untuk kepentingan rekreasi dan pariwisata (seperti pengaturan dermaga perahu/kapal, tempat membuang jangkar dan jalur pelayaran) akan menolong mengamankan kekayaan dan keragaman daerah rekreasi dan pariwisata yang tersedia di sepanjang pesisir.
  4. Memperluas pengetahuan dan pemahaman mengenai ekosistem. Kawasan konservasi dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat pada ekosistem pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, menyediakan tempat yang relatif tidak terganggu utuk observasi dan monitoring jangka panjang dan berperan penting untuk pendidikan masyarakat berkaitan dengan pentingnya konservasi laut dan akibat aktivitas manusia pada keanekaragaman hayati laut.
  5. Memberikan manfaat sosial-ekonomi untuk masyarakat pesisir. Kawasan konservasi dapat menolong masyarakat pesisir dalam mempertahankan basis ekonominya melalui pemanfaatan sumberdaya dan jasa-jasa lingkungan secara optimal dan berkelanjutan.
Cara Pelestarian Terumbu Karang

Kawasan konservasi laut memegang peranan penting untuk pelestarian dan pengelolaan terumbu karang dengan cara :
a. Melindungi daerah terumbu karang yang tidak rusak yang dapat menjadi sumber larva dan sebagai perangkat untuk menolong pemulihan.
b. Melindungi daerah yang bebas dari akibat manusia dan cocok sebagai substrat untuk penempelan karang dan pertumpuhan kembali.
c. Memastikan bahwa terumbu karang tetap menopang kelangsungan kebutuhan masyarakat sekitar yang tergantung padanya.




1 comment:

  1. artikelnya sangat bagus, memang yang namanya terumbu karang itu harus dilestarikan, karan terumbu karang adalah salah satu jenis ekosistem dan rantai makananyang hampir punah, terima kasih

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.