Saturday 22 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Profil Negara Berkembang : Malaysia . Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Profil Negara Berkembang : Malaysia

Nama "Malaysia" diadopsi pada 1963 saat Federasi Malaya bertambah Singapura, Sabah, dan Sarawak membentuk federasi bernama Malaysia. Tetapi nama itu sendiri pernah membingungkan saat dipakai untuk merujuk wilayah-wilayah di Asia Tenggara. Sebuah peta yang diterbitkan pada 1914 di Chicago menampilkan nama Malaysia pada wilayah tertentu di Nusantara. Politikus di Filipina pernah menghendaki penamaan negara mereka sebagai "Malaysia", tetapi Malaysia-lah yang pertama mengadopsi nama itu pada 1963 sebelum Filipina bertindak lebih jauh mengenai masalah itu. Nama lain pernah dianjurkan untuk federasi 1963. Di antaranya adalah Langkasuka (Langkasuka adalah sebuah kerajaan kuno yang berada di bagian hulu Semenanjung Malaya pada milenium pertama masehi).

Keadaan Alam Malaysia terbagi menjadi dua Negara bagian yaitu Malaysia Barat yang mencakup bagian selatan Semenanjung Malaysia. Bagian tengahnya berupa pegunungan rendah, serta melandai pada sisi timur dan selatan. Dan Malysia Timur (Sabah dan Serawak) yang didominasi pegunungan, di mana 80 persen di antaranya berketinggian >1.400 meter. Iklim Malaysia mengenal dua musim yang adalah akibat peralihan arah angin muson yaitu Musim hujan dan musim kemarau Pada kegiatan perekonomian, Industri cukup berkembang di Malaysia yaitu industri pengolahan bahan mentah, seperti industri pengolahan makanan, pemotongan kayu, pengolahan karet, pengolahan minyak kelapa sawit, tekstil, dan bermacam-macam barang kerajinan. Adapun Komoditas negara malaysia diantaranya adalah pertanian dan perkebunan, seperti padi, buah dan sayuran tropis, karet, kelapa, dan kelapa sawit.

PROFIL LENGKAP MALAYSIA

Luas wilayah : 329.749km persegi
Ibu kota : Kualalumpur
Bentuk pemerintahan : Kerajaan (Kesultanan)
Hari kemerdekaan : 31 Agustus
Kepala Negara : Yang Dipertuan Agung (diplih sekali lima tahun)
Kepala pemerintahan : Perdana Menteri
Kepala Pemerintahan : Datuk Seri Najib Tun Razak
Lagu kebangsaan : Negaraku
Jumlah penduduk : 28,3 juta jiwa
Bahasa : Malaysia dan Inggris
Agama mayoritas penduduk : Islam
Mata uang : Ringgit (dollar Malysia (M$)
Bandar udara Nasional : Payalebar
Perusahaan penerbangan : Malaysia Airline System (MAS)

Dasar negara Malaysia
Jika di Indonesia ada Pancasila yang memuat sila dasar, ternyata Malaysia juga mempunyai dasar yang disebut "Rukun Negara". Rukun Negara Malaysia juga memuat 5 sila, yaitu sebagai berikut :
1. Kepercayaan Kepada Tuhan
2. Kesetiaan kepada raja dan negara
3. Keluhuran perlembagaan
4. Kedaulatan Undang-undang
5. Kesopanan dan kesusilaan

Pemerintahan Negara Malaysia
  • Malaysia adalah bekas jajahan Inggris yang memproklamasikan kemerdekaannya pada tanggal 31 Agustus 1957.
  • Malaysia terdiri dari 9 kesultanan (dperintah oleh Sultan) dan 4 negara bagian (diperintah oleh Yang Dipertuan Negeri atau Gubernur).
  • Kesultanan di Malaysia adalah : Johor, Kedah, Selangor, Kelantan, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis dan Trengganu.
  • Negara bagian di Malaysia adalah : Malaka, Pulau Penang, Sabah dan Serawak.

Keadaan geografi Negara Malaysia
Secara astronomis Malaysia letaknya di antara : 1 derajat LU - 6 derajat LU dan 100 derajat BT - 119 derajat BT. Malaysia beriklim muson tropik.Wilayah Malaysia dibagi atas 2 bagian, yaitu :

Malaysia bagian barat : letaknya di daratan Asia Tenggara (Semenanjung Malaysia), di sebelah utara berbatasan dengan Muangthai, di sebelah selatan berbatasan dengan Selat Johor dan Selat Malaka, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Laut Natuna, dan sebelah baratnya berbatasan dengan Selat Malaka
Malaysia bagian timur : letaknya di Pulau Kalimantan bagian utara dan berbatasan dengan  Laut Cina Selatan dan Brunai Darusallam. Di sebelah selatan berbatasan dengan Indonesia, di sebelah timur berbatasan dengan Laut Sulu, di sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Laut Natuna.

Iklim Negara Malaysia
Iklim Malaysia adalah iklim tropis yang panas dan lembab dengan amplitudo shu harian yang sangat relatif kecil. Musim hujan antara bulan Nopember samapi Maret yang dipengaruhi oleh angin musim Timur Laut.

Bentang alam Negara Malaysia
1.Malaysia Barat (Semenanjung Malaysia)
Di bagian tengah terdapat deretan pegunungan, sisi timur sekitar pantai adalah dataran rendah yang berupa rawa-rawa dan hutan lebat, sedangkan sisi barat untuk pemukiman penduduk dan pertambangan. Sungai Perak dan Sungai Pohong adalah dua sungai utama di Semenanjung ini.
2.Malaysia Timur (Serawak dan Sabah)
Terdapat deretan pegunungan tinggi yang membentang dari Sabah hingga Serawak yang disebut Crocker. Gunung Kalibalu dengan ketinggian 4.094 meter yang letaknya di negara bagian Sabah adalah puncak tertinggi di Malaysia.

Penduduk Negara Malaysia
Penduduk Semenanjung Malaysia terdiri dari orang Melayu (50%), Cina (37%), India (11%). Sisanya adalah orang-orang Eropa, Erasia dan penduduk asli. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Malaysia yang nyaris sama dengan bahasa Indonesia. Sejak tahun 1972 antara kedua negara sudah sepakat untuk menggunakan satu sistem dalam pengucapan. Agama Islam adalah agama resmi negara, tetapi penduduk  bebas mengamalkan agamanya masing-masing.

Perekonomian Negara Malaysia
Malaysia adalah negara agraris, yang menghasilkan padi, karet, kelapa sawit, kelapa dan nenas. Karet dan kelapa sawit adalah ekspor nonmigas yang utama. Hasil hutan berupa kayu banyak dihasilkan di Sabah. Pelabuhan ekspor kayu adalah Sandakan dan Lahad Datu, yang juga menjadi pusat industri kayu lapis. Hasil tambang Malaysia adalah timah. bijih besi, bauksit dan minyak bumi. Bagi Malaysia, timah adalah penghasilan kedua setelah karet. Pendapatan nasionalnya (1985) adalah US $ 57.100 juta.
Profil Negara Berkembang : Malaysia

Kegiatan utama ekonomi Negara Malaysia


Pertanian : terdapat di datara alluval yang subur di Semenanjung Malausia, Sabah dan Serawak.

Perkebunan : Malaysia Barat menghasilkan karet, kelapa sawit dan kopra, terutama di Johor, Selangor dan Perak. Lada hitam terdapat di Malaysia Timur. Pelabuhan ekspor kayu di Sandahan dan Lahad Datu.

Pertambangan : Malaysia adalah penghasil timah terbesar di dunia, daerah penambangannya di Lembah Kinta. Pelabuhan ekspornya di Pelabuhan Kelang. Hasil tambang lain adalah minyak bumi, bijih besi, bauksit dan gas alam.

Sektor Industri Kawasan perindustrian yang terbesar dipusatkan di Pethaling Jaya dan Shah Alam, yaitu terdiri atas industri perakitan mobil, alat-alat rumah tangga, bahan makanan, ban dan barang-barang dari plastik.

Sektor Perhubungan dan Pariwisata Kualalumpur sebagai ibu kota dan sebagai kota raya. Kota raya lain adalah Penang. Kedudukan Selat Malaka menjadi penting, sebab adalah jalan lalu lintas laut dari negara-negara barat ke timur, di samping adanya Singapura sebagai pelabuhan penting di Asia Tenggara. Bandar udara internasional di Malaysia terdapat di Kuala Lumpur dan Penang, sedangkan pelabuhan laut yang terbesar di Kelang. Kawasan pariwisata yang terkenal terdapat di Langkawi yaitu pulau mini yang bergunung-gunung serta pantainya sangat indah. Objek tamasya yang terkenal di Malaysia antara lain: museum nasional Kukit Nanas, Cameron, Highland di Pahang, Genting Highlands, Taman Negara, Temple Park, dan Taman Nasional Kinibalu. Kota-kota pelabuhan penting di Malaysia, yaitu Kualalumpur (ibu kota Federasi Malaysia), Kucing (ibu kota Negara bagian Serawak), Teluk Anson, Penang, Kinibalu, Swettenham, dan Weld)

Sektor Perdagangan Kegiatan perdagangan berupa impor yaitu beras, mesin-mesin, alat-alat transportasi, bahan-bahan kimia, dan bahan-bahan elektronika serta ekspor berupa: karet, kayu olahan, kopra, timah, besi, dan minyak tanah. Mitra dagang Malaysia yang utama : Jepang, Inggris, USA, Indonesia, Singapura dan Australia.





No comments:

Post a Comment