Tuesday, 11 October 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Gas di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Daerah Penghasil Minyak Bumi dan Gas di Indonesia

Deskripsi: Indonesia adalah negara yang dikenal sebagai penghasil minyak bumi sebab memiliki banyak daerah penghasil minyak bumi, dimanakah daerah itu?

Indonesia sangat populer sebagai negara yang mempunyai banyak daerah penghasil minyak bumi yang sangat berlimpah. Indonesia mempunyai banyak daerah sebagai penghasil minyak bumi terbesar sehingga menduduki sebagai negara produsen migas tertinggi se-Asia Tenggara. Jumlah minyak bumi yang ditambang di Indonesia perharinya mencapai 915.798 barrel, jumlah ini sangat fantastis. Apa sajakah daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia?

Daerah Penghasil Gas di Indonesia

Berikut adalah daftar provinsi-provinsi dan daerah penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia:

1. provinsi Riau

provinsi Riau adalah provinsi tambang minyak bumi terbesar di Indonesia sebab cadangan minyak bumi yang dipasok dari provinsi ini mencapai sepertiga dari jumlah pasokan minyak bumi Indonesia. Terdapat 6 blok minyak bumi di provinsi ini yaitu mountain front kuantan, siak blok, selat panjang, rokan, coastal plains, dan Malacca strait. Dari ke-6 blok itu, blok rokan adalah blok terbesar penghasil minyak bumi. Jumlah minyak bumi yang dihasilkan dari ke-6 blok itu mencapai 365.827 barrel perhari yang terdiri atas minyak mentah sebesar 359.777 barrel dan kondensat sebesar 6.050 barrel. Minyak mentah yang dihasilkan dari provinsi ini mempunyai kualitas terbaik dari seluruh minyak mentah di Indonesia sebab memiliki tingkat viskositas yang sangat baik jika digunakan untuk hidrokarbon. Selain sebagai penghasil minyak bumi, provinsi Riau juga mempunyai banyak cadangan gas bumi.

2. Kalimantan timur

provinsi Kalimantan timur mempunyai banyak daerah pengeboran minyak seperti daerah kutai, mamburungun, sanga-sanga, dan blok Mahakam. Jumlah minyak bumi yang mampu dihasilkan dari semua daerah itu adalah sekitar 134.626 barrel perhari yang terdiri atas minyak mentah sebesar 60.331 barrel dan kondensat sebesar 74.925 barrel. Jadi dapat dikatakan bahwa fraksi minyak bumi yang dihasilkan cukup besar. Selain sebagai penghasil minyak bumi, Kalimantan timur juga adalah provinsi penghasil gas alam yang cukup besar.

3. Kepulauan riau

provinsi kepulauan riau adalah salah satu provinsi penghasil minyak terbesar di Indonesia, walaupun luas daratannya kecil tetapi dapat dikategorikan sebagai provinsi terkaya di Indonesia sebab kegiatan bisnis migas semakin meningkat. Di provinsi ini terdapat 3 blok offshore minyak bumi yaitu south natuna sea block A, natuna sea block A, dan natuna sea block B. Pengolahan minyak bumi  dari ketiga blok ini mampu menghasilkan minyak bumi sebesar 65.154 barrel perhari yang terdiri atas minyak mentah sebesar 62.130 barrel dan kondensat sebesar 3.024 barrel.

4. Sektor laut jawa

Blok penghasil minyak bumi terbesar lainnya adalah disepanjang laut jawa. Dalam sehari semua blok minyak ini dapat menghasilkan sebesar 65.157 barrel minyak bumi yang terdiri atas 62.130 barrel minyak mentah dan 3.024 barrel kondensat.

5. Jawa timur

Blok minyak yang terdapat di provinsi jawa timur adalah cepu, dalam sehari blok ini mampu menghasilkan minyak mentah sebesar 52.290 barrel dan kondensat sebesar 329 barrel.

6. Sumatera selatan

Daerah penghasil minyak bumi selanjutnya adalah provinsi sumatera selatan. provinsi ini  mempunyai 7 blok penghasil minyak bumi dalam skala besar yaitu ogan komering, lematang, rimau, central sumatera, south sumatera, raja blok, dan pendopo. Dalam sehari ke-7 blok ini mampu menghasilkan minyak bumi sebesar 41.057 barrel.

7. Papua barat

Papua barat adalah provinsi terluas di Indonesia sehingga sumber minyak buminya juga besar. Dalam satu hari provinsi ini mampu menghasilkan minyak bumi sebesar 14.812 barrel yang terdiri atas minyak mentah sebesar 8.243 barrel dan kondensat sebesar 6.568 barrel.

Demikian informasi seputar daerah penghasil minyak bumi yang tersebar di wilayah Indonesia dan semua daerah itu tidak hanya menghasilkan minyak bumi saja tetapi juga mempunyai cadangan gas bumi yang cukup besar.





1 comment:

  1. mantab gan artikelnya, thanks informasinya :)

    KOKAI VALVE
    Complete Solution for Industrial Valve visit
    KOKAI VALVE

    ReplyDelete

Note: only a member of this blog may post a comment.